Atasi Saraf Kejepit Dengan Teknologi Canggih Di RS Premier Bintaro

Sebagai konten kreator seringkali saya duduk lama depan komputer lebih ari. dari delapan jam sehari. Hal ini membawa dampak leher, punggung dan pinggang nyeri bahkan kram sampai kaki. Untuk mengatasi hal ini biasanya saya meregangkan kaki dan setiap beberapa jam atau diurut oleh tukang pijat langganan. 


rs premier bintaro


Ternyata sakit punggung yang saya alami dirasakan orang lain juga karena saat saya mengikuti hospital tour dan blogger gathering tanggal 19 Juli 2022 di RS Premier Bintaro. Awalnya saya melihat-lihat fasilitas yang ada di rumah sakit ini mulai dari Skin & Laser Clinic yang menyediakan fotona laser yang bisa mengencangkan wajah, mengatasi  ngorok, mengencangka otot pada organ intim perempuan dan menghilangkan tanda lahir atau tatto. 

skin and laser clinic


fotona laser


Selanjutnya saya melihat ruang radiologi yang didalamnya ada alat pengobatan canggih seperti CT scan 256 pieces, alat mamography, ruangan x-ray untuk rontgen gigi dan anggota tubuh lainnya, MRI 3T dimana pasien bisa meminta lagu khusus yang ingin didengarkan dan bisa menonton film  sehingga pasien merasa tenang selama proses diagnosa. 

CT Scan


MRI 3T


Tempat ketiga yang saya datangi adalah Visa Medical check up dimana bagi para pelajar, mahasiswa, atau karyawan yang ingin bekerja di luar negeri di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan lainnya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan disini sebagai salah satu syarat mengajukan visa. 


dr Ajiantoro


Sesi terakhir adalah talkshow bersama dr Ajiantoro Sp.OT mengenai penanganan terkini saraf kejepit. Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri pada tubuhnya terutama punggung bawah. Berdasarkan data dari RS Premier Bintaro keluhan nyeri punggung belakang atau saraf kejepit menempati urutan kelima penyebab pasien masuk rumah sakit, urutan ketiga penyakit yang butuh pembedahan dan penyebab disabilitas tertinggi. 

Gejala saraf kejepit yang perlu diperhatikan antara lain nyeri yang mendadak dan tak tertahankan, nyeri menjalar ke kedua tungkai kaki dan kesemutan baal pada tungkai kaki. Jika mengalami salah satu gejala diatas segera periksa ke dokter dan rumah sakit yang memiliki fasilitas modern. Di RS Premier Bintaro laboratorium radiologi terdapat USG, CT Scan, MRI, X-Ray sehingga pasien bisa melakukan pemeriksaan dengan lengkap. 

Setelah pemeriksaan atau diagnosa maka dokter akan memutuskan tindakan yang harus dilakukan apakah operasi atau non operasi. Untuk non operasi bisa berupa diet atau perbaiki pola hidup, istirahat, minum obat anti nyeri, dan menggunakan alat bantu atau korset. Kalau pasien masih merasa nyeri namun tidak mau dioperasi ada Interventional Pain Management atau IPM berupa injeksi saraf tulang belakang, Radiofrequency Ablation dan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD).


MISS


Tindakan operasi saraf kejepit kini menggunakan metode Minimally Invasive Spine Surgery (MISS) adalah teknologi terbaru tindakan tulang belakang yang dapat Mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh sehingga pasien dapat beraktivitas kembali lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. Sayatan operasi yang dilakukan sangat kecil hanya beberapa mili dan centimeter pasien pun bisa kembali berjalan atau menjalankan aktivitas lainnya sehari setelah operasi. 

Hal lain yang penting dilakukan oleh pekerja kantoran atau siapapun yang duduk lama di depan komputer harus bisa duduk dengan benar yang tegak dan tidak menunduk. Usahakan untuk berdiri atau melakukan peregangan setiap 10 menit dalam 1 jam sekali supaya otot dan sendi tidak kaku. 

Kesimpulan yang saya dapatkan setelah mengikuti blogger gathering ini adalah saraf kejepit bisa terjadi pada siapa saja dan tidak bisa dianggap sepele serta tindakan operasi bukanlah sesuatu yang menakutkan karena teknologi terus berkembang sehingga pasien lancar menjalankan kegiatan setelah operasi. 

Info lengkap mengenai RS Premier Bintaro bisa membuka website https://ramsaysimedarby.co.id/rspb.







Comments

  1. Wah sekarang udah canggih banget, ya teknologi rumah sakit. Apalagi untuk mengatasi saraf kejepit yang beh sakitnya enggak kebayang, walau belum pernah tapi banyak banget kejadian sama orang terdekat jadi khawatir. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inovasi Manulife Permudah Nasabah Melalui Halodoc Dan MiAccount

Rasakan DNA Salmon Micro Injection Di ZAP Clinic

ulasan film sokola rimba