nikmatnya berbagi rejeki di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap hal yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang lebih dibandingkan bulan biasa. Apalagi yang menyangkut kegiatan keagamaan seperti tarawih, membaca alquran, membantu orang lain termasuk didalamnya bersedekah. apa sih yang dimaksud sedekah dan apa saja yang bisa disedekahkan pada bulan ramadhan ini ? Sedekah sendiri memiliki makna mengantarkan atau memberikan segala bentuk kebaikan dan manfaat atau segala bentuk kebaikan dan kebajikan (sumber : http://ummi-online.com/berita-420-luasnya-makna-sedekah.html) jadi sedekah dapat diberikan tidak hanya berupa harta saja namun juga berupa ilmu, nasihat, doa, dll
763ba9bae93afd42ac4e87e2b3d57d2c_sedekah
alangkah indahnya apabila di bulan Ramadhan ini kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kurang beruntung. karena dengan kita banyak bersedekah maka akan menumbuhkan rasa persaudaraan, menambah pahala kita, memperlancar rejeki, mengurangi sifat kikir dalam diri manusia. maka jika masih diberi kesempatan seperti kesehatan, kekayaan, ilmu alangkah baiknya jika kita gunakan untuk bersedekah di jalan kebaikan.
banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah yaitu dengan mengajar anak-anak yatim piatu atau dhuafa, mendoakan saudara-saudara muslim kita yang sedang dilanda konflik di jalur Gaza, memberikan bantuan berupa donasi atau lainnya seperti makanan, obat-obatan, pakaian,selimut dll di daerah yang dilanda bencana, menyumbangkan sebagian rezeki kita kepada fakir miskin atau di masjid terdekat.
bagi orang yang bersedekah tidak perlu khawatir akan jatuh miskin karena pada dasarnya harta yang kita punya adalah hanya titipan dari Allah yang bisa sewaktu-waktu bisa diambil dan yang kita bawa saat meninggal atau kiamat hanya amal ibadah bukan kekayaan. Allah pun pasti akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan semakin banyak harta yang disedekahkan maka semakin banyak rezeki yang akan diberi Allah.
2e3402db1d9c0da382cddbe0e2def889_ikhlas2
Saya pun pernah mengalami hal ini disaat saya ikhlas mengajar anak yatim tanpa dibayar maka pintu rejeki pun semakin mengalir lancar dan banyak kemudahan dalam hidup yang saya alami. Dalam melakukan sedekah tidak perlu uang yang banyak namun perlu keikhlasan dan ketulusan dalam melakukannya agar lebih bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Kesuksesan tidak diukur dengan materi yang berlimpah namun apabila kita bisa bermanfaat bagi orang di sekitar kita. untuk menumbuhkan jiwa berbagi sebaiknya dimulai dari usia anak-anak dengan membiasakan diri menyumbangkan rejeki kepada orang yang kurang beruntung atau yang membutuhkan. jika dimulai sejak anak-anak kelak ketika dewasa tidak akan menjadi pribadi yang kikir dan sombong justru jadi pribadi yang dermawan dan rendah hati.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang