Hidup Sehat dengan Aktif Bergerak

Tinggal di kota besar seperti Jakarta memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dirasakan saya atau penduduk lainnya. Hampir sebagian warga yang berada di kota besar pernah merasakan fasilitas yang memudahkan dengan perangkat telepon pintar dan internet seperti layanan delivery makanan, berkumpul di restoran cepat saji, dan menonton televisi di rumah sambil memakan makanan ringan. Dengan banyaknya fasilitas yang memudahkan orang maka menimbulkan akibat yang kurang baik bagi manusia misalnya dengan kemacetan kota Jakarta orang akan memilih transportasi yang cepat dan nyaman seperti taksi atau ojek sehingga membuat orang malas bergerak. Padahal dengan memakan makanan cepat saji dengan kalori yang tinggi juga harus diimbangi dengan aktifitas fisik agar tidak tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan penyakit


Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, hampir separuh dari proporsi penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun. Sebanyak 42 persennya kurang beraktivitas fisik. Perilaku itu sebagian besar terjadi di wilayah Pulau Jawa. Jika dikerucutkan pada penduduk DKI Jakarta, lebih dari 44 persen penduduk malas berolahraga. Data lain menyebutkan Indonesia merupakan negara pengidap diabetes nomor ke 5 di dunia dimana jumlah penderita bertambah setiap tahunnya serta usia pengidapnya juga semakin muda dengan usia dibawah 20 tahun. Gaya hidup merupakan penyebab penyakit diabetes tipe 2 seringkali orang mengabaikan pola makan yang tidak teratur dan tidak berolahraga.

Data ini tentu menjadi peringatan menjadi kita semua untuk mencegah penyakit karena kesehatan adalah hal yang mahal namun jika sakit akan menjadi lebih mahal lagi biayanya. Saat yang tepat untuk mulai bergerak dimulai dari diri sendiri dengan hal kecil yaitu saya membiasakan diri dengan berjalan kaki setiap hari menuju transportasi umum seperti stasiun kereta atau halte busway, membiasakan menggunakan transportasi umum, meluangkan waktu untuk berolahraga minimal sebulan sekali di acara car free day, dan berolahraga bersama teman-teman di taman terbuka di Jakarta dan mengikuti jalan sehat yang diadakan komunitas saya dimana sambil membersihkan jalan juga berolahraga senam SKJ bersama-sama.

1418618845905459959
Dengan banyaknya kegiatan yang diadakan di hari minggu di tempat terbuka berupa kegiatan olahraga bersama merupakan peluang bagi masyarakat seperti saya untuk berolahraga dengan gratis. Jika kita mau berusaha mencari informasi sebetulnya banyak tempat dan kegiatan yang dapat menunjang untuk berolahraga dengan mudah dan gratis misalnya di Gelora Bung Karno biasanya ada kegiatan senam secara massal di hari sabtu atau minggu pagi, tersedia pula alat-alat yang bisa digunakan untuk melatih kebugaran.

Banyak manfaat yang saya rasakan setelah membiasakan diri berolahraga antara lain badan terasa fit dan bugar, kulit lebih kencang karena terbiasa bergerak , menghemat pengeluaran untuk berobat, dan setelah ccek kesehatan di beberapa acara tekanan darah masih normal, kolesterol normal, dan kadar gula darah juga normal.

Tentunya sebagai manusia yang ingin terus beraktivitas baik itu bekerja,  bepergian, belajar dll ingin hidup sehat dan bugar maka perlu upaya yang dilakukan agar bisa terwujud. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar antara lain memakan makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan, banyak minum air putih , berolahraga secara teratur, berpikir positif, tidur yang cukup serta menghindari gaya hidup yang kurang sehat antara lain memakan makanan cepat saji terlalu sering, merokok dan mengkonsumsi alkohol serta istirahat yang cukup. Jika dibaca sepertinya sulit dan tidak praktis namun sebetulnya hal tersebut bisa dilakukan jika kita memiliki kemauan dan membiasakan untuk menjalani pola hidup yang sehat. Pada era informasi seperti sekarang ini banyak pula komunitas yang bisa membantu kita untuk memperoleh informasi serta dukungan untuk merubah gaya hidup yang kurang sehat.

Dengan mengakses social media melalui smartphone yang biasa kita gunakan, maka bisa melihat informasi serta kegiatan yang bisa diikuti pada facebook atau twitter. Beberapa tahuni terakhir terutama di Jakarta banyak event yang diadakan perusahaan atau komunitas untuk lari marathon dimana kegiatan memiliki efek positif yaitu mengajak orang memiliki gaya hidup sehat dengan berolahraga  salah satunya dengan lari. Banyak pula komunitas lainnya yang memiliki kegiatan positif olahraga misalnya komunitas bersepeda dan lainnya yang kita bisa ikuti dengan biaya terjangkau.

Agar pola hidup yang aktif dapat dilaksanakan pada seluruh elemen masyarakat Indonesia, maka perlu sosialisasi atau edukasi ke berbagai lapisan masyarakat dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, para guru dan pekerja di bidang kesehatan. Salah satu perusahaan yang peduli dan aktif mengkampanyekan gerakan Indonesia Segar (Sehat dan Bugar) yaitu Coca Cola memiliki pendekatan yang holistik agar bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Coca Cola juga bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO)dalam melakukan sosialisasi Exercise is Medicine yaitu Gerakan menjadikan latihan fisik sebagai bagian integral dari pencegahan penyakit dan penatalaksanaan medis.

Pendekatan selanjutnya yang dilakukan oleh Coca Cola adalah edukasi publik yang memiliki tujuan meningkatkan kesadaran sekolah termasuk siswa, guru, dan orang tua melalui pelatihan, atau edukasi mengenai pentingnya memasukkan aktivitas fisik dan nutrisi seimbang dalam sistem sekolah. Maraknya permainan yang menarik pada gadget membuat anak-anak dan remaja masa kini menjadi malas bergerak dibandingkan anak-anak pada era tahun 80 atau 90an dimana anak-anak pada era tersebut banyak bermain atau berolahraga dengan aktivitas fisik. Hal ini lah yang perlu diwaspadai oleh para guru dan orang tua murid untuk membatasi anak bermain dengan gadget agar tidak kecanduan dan malas berolahraga dan mendorong anak-anak untuk aktif berolahraga bersama orang tuanya maupun guru di sekolah.

Hal lainnya yang menunjang kegiatan olahraga ialah tempat atau fasilitas publik tidak dapat dipungkiri banyak lahan bermain anak beralih fungsi menjadi pertokoan atau mall sehingga anak-anak kekurangan tempat bermain. Maka dengan kebijakan pemerintah untuk menyediakan tempat bermain atau fasilitas ruang terbuka hijau perlu didukung dan dijaga agar fasilitas tersebut bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa taman kota bisa digunakan untuk berolahraga dengan gratis seperti Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Tebet, dan tempat lainnya. Pendekatan terakhir yang dilakukan Coca Cola ialah gerakan publik yang bertujuan membangun kesadaran masyarakat dan mengajak masyarakat luas aktif melalui berbagai kegiatan. Itu seperti penyediaan fasilitas latihan fisik di ruang-ruang publik. Hingga kini, Indonesia SeGar telah membangun setidaknya lima active zone di taman-taman Jakarta, seperti di Taman Tebet, Taman Langsat, Taman Buni, Taman Amir Hamzah, dan Taman Gandaria Tengah.




Nah semakin mudah kan untuk berolahraga tidak perlu mengeluarkan uang banyak cukup meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat  fasilitas publik atau tempat yang dibangun active park oleh coca cola maka kita bisa langsung berolah raga. Ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan mulai dari berjalan kaki, bersepeda, senam kebugaran, futsal, badminton, basket, lompat tali dan hula hop. Mari mulai segera aktif bergerak agar bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream