Memberdayakan Anak Dan Perempuan Indonesia Melalui Serempak

Dengan jumlah penduduk yang besar baik yang berjenis kelamin perempuan maupun anak-anak yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Maka tidak semua informasi atau kesempatan untuk memperoleh pendidikan bisa diperoleh dengan merata. Masih belum meratanya pendidikan bagi anak-anak dan perempuan menyebabkan masih mengalami ketertinggalan baik secara pendidikan, ekonomi maupun bidang lainnya. Masih banyak ditemui kasus kekerasan dalam rumah tangga yang sebagian besar korbannnya adalah perempuan dan anak-anak.



Melihat kenyataan itu, pemerintah tidak tinggal diam karena banyak aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat maka sejak tahun 2009 dibentuklah Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kementrian ini memiliki misi yaitu Meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup perempuan dan anak. Misi ini bukan semata-mata tugas pemerintah namun juga tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Kita bisa ikut berkontribusi sesuai kemampuan kita dimulai dengan hal terkecil sekitar kita.



Salah satu media yang disediakan pemerintah agar masyarakat umum juga bisa ikut memberdayakan perempuan dan anak dengan memberikan informasi yang positif dan menginspirasi ialah Serempak. Serempak merupakan website yang dikelola oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang juga berfungsi sebagai wadah kerjasama beberapa pihak yang memiliki keinginan untuk berbagi informasi. Ketika saya menghadiri acara sosialisasi Serempak bersama teman-teman blogger  pada 29 Juni 2015 di kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Saya baru mengetahui website serempak dan ternyata blogger pun bisa menjadi kontributor dengan mengirimkan artikel yang bisa dimuat di website serempak.



Pada acara tersebut para blogger tidak hanya diajak berdiskusi masalah sosial justru mendapatkan banyak informasi penting terkait dunia digital marketing di Indonesia. Digital Marketing telah berkembang pesat dibandingkan marketing lainnya karena perkembangan teknologi yang semakin dinamis setiap tahunnya. Materi yang dibawakan oleh Pak Robert AB yang juga dosen di Binus Business School menarik karena memberikan informasi keunggulan digital marketing dibandingkan traditional marketing dan bagaimana digital marketing telah banyak merubah perilaku masyarakat dalam berbelanja.



Dengan digital marketing biaya promosi yang dulu besar karena harus memasang iklan di media massa seperti televisi menjadi lebih murah karena memasang iklan atau promosi di internet jauh lebih murah dan efektif. Selain itu dengan berpromosi melalui internet akan tersebar dengan cepat dan luas bahkan lintas negara sekalipun. Kini hampir semua barang atau jasa bisa dibeli melalui internet bahkan melalui smartphone. Perusahaan pun kini berlomba-lomba menciptakan berbagai aplikasi agar bisa diunduh banyak orang agar mempermudah transaksi.



Setelah mendengar materi digital marketing yang informatif, blogger yang juga salah satu kontributor website serempak berbagi pengalaman dan tips agar bisa menjadi kontributor website yaitu Ani Berta. Blogger kini semakin dibutuhkan karena perkembangan teknologi maka banyak bermunculan media online baru atau startup yang membutuhkan penulis konten. Maka kesempatan blogger untuk menambah pengalaman dan pemasukan pun semakin luas. Banyak peluang yang bisa dilakukan blogger antara lain freelance media cetak atau online, kontributor website komersil atau pemerintahan, dan ghost writer. Menjadi kontributor sebuah website pemerintah bisa menjadi kesempatan blogger untuk meningkatkan skill, berbagi informasi yang menginspirasi, dan membangun jaringan komunikasi lebih luas.



Pada website serempak sendiri tersedia kesempatan bagi masyarakat untuk mengirimkan artikel yang bisa menambah wawasan bagi perempuan dan anak-anak. Sebelum mengirimkan artikel, penulis harus mendaftar terlebih dahulu kemudian tulisan yang dikirim akan dimoderasi dahulu baru kemudian di tayangkan. Jika penulis tersebut aktif dan informasi yang diberikan bermanfaat maka bisa dikontrak menjadi penulis tetap di serempak. Wah tentu sebuah kolaborasi yang menarik bagi blogger selain bisa meningkatkan skill dan berbagi informasi, perempuan dan anak juga bisa memperoleh informasi yang positif sehingga dapat mendorong perempuan menjadi lebih berani berkarya dan menyalurkan ekspresinya.



Mari ikut berperan dalam mendorong perempuan dan anak menjadi lebih maju dengan menyediakan informasi yang bermanfaat melalui serempak.







Comments

  1. Replies
    1. alamat webnya 202.134.4.178/serempak

      Delete
  2. Replies
    1. sama mba semoga habis lebaran bisa segera nulis buat serempak ya :)

      Delete
  3. Boleh tulisan recycle atau harus tulisan baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tulisan recycle tapi kalau bisa ada penambahan supaya tidak terkesan copas :)

      Delete
  4. Sepertinya asyik juga tawaran yang diberikan . Patut untuk di ciba dan sayang jika dibiarkan lewat begitu saja.

    ReplyDelete
  5. wah bagus juga program dari kemntrian pemberdayaan wanita dan perlindungan anak ini.Ada web yang mewadahi aspirasi masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bisa menampung aspirasi dari masyarakat :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang