Ngabuburit Asyik Dengan Garda Oto Holiday Festival

Selama bulan puasa, hari akan lebih bermakna jika diisi dengan kegiatan positif baik yang berkaitan dengan religi seperti membaca al quran atau melakukan kegiatan sosial dan kegiatan umum lainnya yang bisa menambah wawasan serta membagikannya kepada orang lain yang belum tahu. Sejak akhir Juni hingga awal Juli banyak undangan buka puasa bersama yang datang, tentu tidak semuanya harus dihadiri saya pun memilih baik dari tempat maupun isi acara yang akan disampaikan. Karena diminggu ketiga bulan Juli saya akan mudik ke Semarang, saya ingin datang ke acara buka bersama yang juga berisi tips mudik aman.





Kesempatan itu pun tiba, ketika saya menghadiri kegiatan buka bersama yang diadakan Asuransi Astra Garda Oto di Munchies Kota Kasablanka. Kegiatan Garda Oto selama bulan puasa merupakan hal yang rutin diadakan yang diberi nama Garda Oto Holiday Festival. Garda Oto Holiday Festival telah dilaksanakan di beberapa pusat perbelanjaan Jabodetabek dan Surabaya mulai dari 1 Juni sampai 31 Juli 2015. Karena sebelumnya saya sudah menginstall aplikasi Garda Oto Care di smartphone dan mereviewnya maka info yang saya tunggu ialah tips sehat puasa, aman dan bugar saat mudik, dan manfaat dari asuransi kendaraan dan kecelakaan.




Tips pertama diberikan oleh dr Doddy dari Garda Medika bagaimana menjalani puasa dengan sehat. Puasa sendiri dijalankan bukan sekedar mengikuti perintah agama, namun juga memiliki manfaat detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Racun yang selama ini menumpuk dalam tubuh karena polusi, sisa makanan, obat-obatan jika tidak dikeluarkan akan menimbulkan penyakit. Ketika kita menjalakan puasa bukan berarti membuat tubuh lemas dan produktivitas turun justru harus dilaksanakan dengan semangat dan produktif. Nah racun tadi jika tidak dikeluarkan bisa menimbulkan penyakit misalnya maag, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kanker. Maka pembuangan racun yang efektif dilakukan setahun sekali selama 30-40 hari.



Ternyata ada untungnya kita menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan selain bisa menambah pahala ibadah juga bisa membuang racun yang berbahaya dalam tubuh. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar saat puasa antara lain : minum yang cukup, makan sayur dan buah, olahraga ringan, menjaga kebersihan gigi dan mulut selama berpuasa dan beraktivitas dengan normal. Kadang ketika sahur, kita suka malas makan atau melewatkan begitu saja padahal sahur merupakan makanan pengganti sarapan ketika kita tidak berpuasa. Sehingga sahur merupakan hal yang penting sebagai bekal agar kita tidak lemas menjalani aktivitas seharian. Dalam menyantap sahur pilih dengan menu yang mengandung gizi lengkap dan bervariasi.

Setelah menjalani puasa selama satu hari, saat buka puasa merupakan hal yang ditunggu dan banyak orang yang menyantap makanan tanpa perhitungan. Seharusnya saat berbuka dimulai dengan minuman hangat yang manis agar menyesuaikan kondisi tubuh dan memakan buah kurma yang memiliki kandungan serat dan gula yang cepat diserap tubuh. Selama berpuasa olahraga ringan juga baik dilakukan agar tubuh tetap bugar, idealnya dilakukan 30 menit atau 2 jam sebelum berbuka. Olahraga ringan yang bisa dilakukan antara lain jalan kaki, sepeda, atau jogging. 



Selain melakukan tips-tips di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika menjalani puasa yaitu hindari makanan pedas atau minuman dingin bagi penderita maag, hindari minum kopi berlebihan, hindari tidur setelah sahur dan sengatan matahari secara langsung. Jika pekerjaan kita harus berada di lapangan dan terkena sinar matahari maka tips yang bisa dilakukan ialah menggunakan pakaian yang berwarna terang yang dapat memantulkan sinar matahari. Sebelum mudik, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan antara lain hindari bergadang sebelum mudik sebaiknya tidur minimal enam jam sebelum mudik, persiapkan obat-obatan ringan selama di perjalanan, jika kondisi badan lelah istirahat periodik setiap 4 jam dengan meregangkan otot-otot pada tubuh.





Setelah mendengar tips yang bermanfaat agar tubuh tetap bugar selama puasa, tips berikutnya disampaikan oleh Pak Marcel Kurniawan dari Real Driving Center. Faktor-faktor yang menyebabkan tingginya kecelakaan di jalan raya antara lain sikap, mental, fisik, pengetahuan, disiplin dan skill. Selama bulan Ramadhan ini pengendara kendaraan bermotor akan cenderung agresif karena tidak sabar ingin segera berbuka puasa di rumah. Resiko mengemudi saat berpuasa antara lain kelelahan dan mengantuk karena perubahan jam tidur dan kurang berhati-hati sebelum saat berbuka. Ada formula standar yang bisa dilakukan untuk mencegah kecelakaan yaitu Observasi, Kenali dan Eksekusi. Sebelum mudik lebih baik periksa dahulu kendaraan yang akan digunakan apakah layak jalan dari mesin, transmisi, wiper, roda dan ban. 



Saat macet di jalan, jaga jarak aman dengan memastikan melihat ban belakang dan bumper belakang di mobil depan kita serta perhatikan pula dua mobil di depan kita agar tidak diserobot pengemudi lain. Ketika sedang mengendara di jalan, perubahan cuaca merupakan hal yang tidak diinginkan misalnya hujan deras. Dari data yang diperoleh Real Driving Center terdapat hingga 60 % korban jiwa kecelakaan yang terkait saat hujan dan kabut dapat mengurangi jarak pandang hingga 400 meter, maka gunakan lampu kabut agar dapat melihat jalanan dengan jelas. Memeriksa kendaraan juga bisa dilakukan saat perjalanan dengan melihat setiap indikator, rasakan perubahan respon, dengarkan suara yang tidak biasa dan cium bau yang tidak biasa yang menandakan kerusakan.



Melihat dua pembicara pria yang selalu aktif menjawab pertanyaan dari tamu yang hadir, lebih afdol kalau ada pembicara perempuan yang juga bisa memberikan informasi penting dalam berkendara. Untungnya ada Ibu Endah dari Polda Metro Jaya yang  tidak hanya cantik namun tegas dalam memberikan informasi. Bu Endah berpesan memberikan pesan bagi pemudik agar memperhatikan dengan benar rambu lalu lintas di jalan, melengkapi surat-surat dalam berkendara dan istirahat jika memang badan sudah lelah dan mengantuk. 




Menjelang berbuka puasa, pak Iwan Pranoto selaku PR dan Marketing Communication Garda Oto yang berbagi tentang asuransi sebagai gaya hidup. Jika semua tips mudik yang sudah diberikan sebelumya sudah diterapkan, tentu tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan. Tapi kalau pun hal itu terjadi di luar dugaan, asuransi menjadi solusi yang diandalkan. Astra sebagai perusahaan asuransi, menyediakan berbagai tipe asuransi sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Secara umum ada dua tipe jenis perlindungan yang diberikan Astra yaitu Total Loss Only dan Comprehensive. Selain itu Astra juga menyediakan perlindungan tambahan seperti pengangkutan saat banjir. Kini tersedia pula Garda Siaga yang memberikan layanan ban kempes, bensin habis dan evakuasi menggunakan ambulans.



Untuk mendekatkan diri dengan konsumen, kini tersedia layanan Garda Center di pusat perbelanjaan di beberapa kota dan mengikuti jam operasional pusat perbelanjaan. Saat buka puasa akhirnya tiba, para tamu pun segera mengambil hidangan berbuka yang telah disediakan. Setelah mengambil buah-buahan dan es buah yang segar, saya kemudian mengantri mengambil makan malam yang lezat. Selesai sholat magrib, tanpa diduga saya mendapat doorprize berupa tas mudik warna biru yang bagus. Pengumuman pemenang lomba blog akhirya diberitahukan, dengan menampilkan sepuluh nominasi blog terbaik salah satunya saya dan teman blogger lainnya. Walaupun ketiga pemenang berasal dari luar kota dan tidak dapat hadir, kami berempat tetap mendapat hadiah dari Garda Oto. 




Wah saya bersyukur karena mendapat hadiah tas lebih dari satu walaupun belum terpilih menjadi pemenang. Kegiatan buka bersama menjadi lebih berkesan selain mendapat tips yang berguna untuk puasa dan mudik juga mendapatkan banyak hadiah dari Garda Oto. Semoga semakin banyak kegiatan lainnya yang mengundang blogger dan sosialisasi berkendara semakin sering diadakan di berbagai kota di Indonesia.





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba