Meningkatkan Kualitas Dan Konten Pendidikan Dengan Teknologi

Bicara mengenai pendidikan di Indonesia, memang diakui masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Mulai dari jumlah guru sekitar 3-5 juta orang dibandingkan 50 juta murid dari berbagai tingkatan pendidikan di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut kualitas guru masih banyak yang kurang dari standard. Maka untuk mengejar kualitas pendidikan banyak orang tua yang memasukkan ke lembaga bimbingan belajar. Namun ketika belajar di bimbingan belajar pengawasan orang tua bisa menjadi kurang dan honor guru yang mengajar pun tidak sebanding biaya yang harus dibayar orang tua. 

Salah satu cara lainnya ialah menggunakan jasa guru privat di rumah. Biasanya orang tua mendapatkan informasi guru privat dari rekomendasi orang terdekatnya atau teman anaknya. Jika melihat iklan di koran atau tempat umum kadang membuat orang menjadi ragu apakah guru tersebut cocok dan bisa mengajar dengan baik. Melihat kebutuhan itu dua orang anak muda berupaya memberikan solusi dengan mendirikan sebuah wadah yang menjembatani kebutuhan orang tua dengan kemampuan orang yang bisa memberikan ilmunya dengan tepat.


Salah satunya pendirinya dan juga CEO Iman Usman membuat situs Ruangguru.com yang bisa mempermudah orang tua menemukan guru privat dengan mudah. Tak disangka kurang dari 2 tahun sekitar 27.000 guru atau tutor telah bergabung. Saya sendiri sudah bergabung dengan ruangguru dan mengajar murid SD dengan pelajaran bahasa Inggris. Ketika mendapat undangan untuk menghadiri gathering saya menyambut dengan antusias dan menjadi blogger yang pertama kali sampai.


Begitu sampai di Omah Sendok tanggal 23 Maret 2016 suasana tenang dan membuat saya teringat rumah tempo dulu karena interior ruangan yang menggunakan barang antik. Karena ruangan yang tidak begitu besar menjadi cocok dengan gathering yang dihadiri sekitar dua puluh orang emak blogger. Jam 10 acara gathering dimulai dengan sambutan ramah mas Edwin selaku Communication  Lead Ruangguru. Tak lama kemudian mas Iman selaku CEO menjelaskan kondisi pendidikan dan latar belakang ia mendirikan Ruangguru.com.


Dengan semangat dan idealisme untuk membantu memberikan solusi bagi pendidikan di Indonesia, membuat emak-emak blogger yang datang antusias mendengarkan dan bertanya. Sebagai ibu yang memiliki anak yang mengalami kesulitan belajar apalagi menjelang UN, emak blogger membutuhkan guru yang bisa membantu anaknya belajar dengan tepat. Agar mendapatkan guru yang cocok, pihak Ruangguru melakukan seleksi dengan teliti antara lain dengan memeriksa latar belakang pendidikan dan tes masuk bagi guru. Jika orang tua sudah mencoba namun kurang cocok dengan anaknya maka bisa mengganti guru dan mendapatkan uang kembali. 

Bagi guru yang sudah mengajar dan memiliki riwayat yang baik maka akan mendapatkan rekomendasi yang positif dari Ruangguru. Dengan rekomendasi ini, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua untuk memilih guru yang sesuai. Kelebihan lain yang dirasakan bagi guru yang mendaftar ialah bisa mengatur sendiri honor yang diinginkan dan ruangguru hanya memperoleh komisi 20% dari honor guru. Lambat laun kebutuhan murid dan orang tua pun berkembang. Seringkali murid kesulitan menjawab soal latihan saat belajar namun tidak bisa bertanya kepada guru karena keterbatasan waktu. Mas Iman pun berinisatif mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan melalui smartphone.


Aplikasi ini diberi nama Ruangguru dan baru bisa diunduh dari Google Play Store. Sebuah terobosan baru yang perlu dihargai karena akan membantu siswa mengerjakan soal latihan. Sebelum gathering dimulai saya sudah mendownloadnya namun ketika akan mendaftar muncul tulisan gagal. Ternyata data yang sudah dimasukkan sudah bisa dipakai untuk login. Untuk merasakan aplikasi yang masih dalam versi beta ini, blogger yang datang mencoba dengan memotret soal dan bertanya sesuai jenjang pendidikan. 

Soal yang akan ditanya harus dipotret langsung saat membuka aplikasi dan menunggu beberapa menit tersambung dengan gurunya. Saat sudah tersambung sayangnya masih harus menunggu respon dari gurunya baru bisa bertanya. Dan ternyata ada guru yang sama tersambung dengan dua blogger lainnya. Seharusnya satu guru tersambung dengan satu murid agar lebih fokus menjawab. Semua data pertanyaan guru dan murid terekam di sistem sehingga murid tidak bisa hanya menginginkan jawabannya saja.


Soal yang bisa ditanyakan melalui aplikasi saat ini masih Matematika, Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris. Hal ini dilihat berdasarkan kebutuhan terbanyak yang diminta oleh murid. Karena masih beta aplikasi masih gratis diunduh sampe 15 April kedepannya akan dikenakan biaya jika ingin bertanya. Untuk biaya rencanya akan dikenakan per durasi atau unlimited dengan paket tertentu yang bisa diisi melalui kartu kredit, atm, dan internet banking. 

Bagi saya aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi orang tua dan anaknya jika ingin bertanya dan memudahkan guru memberikan jawaban tanpa harus datang ke rumah. Untuk guru yang terpilih menjawab pertanyaan diseleksi terlebih dahulu sesuai kemampuan mengajar, bisa menjawab dengan tepat dan bisa dihubungi dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Kelak aplikasi ini akan tersinkron dengan data di website sehingga bisa mencari atau memilih guru dan mengerjakan bank soal melalui telepon seluler.


Layanan lainnya yang dimiliki Ruangguru ialah tes online untuk siswa maupun guru. Karena kedepannya ujian nasional akan lebih banyak menggunakan komputer dibandingkan kertas biasa. Maka siswa pun butuh latihan menggunakan komputer agar terbiasa saat ujian nasional. Untuk mencoba tes online siswa bisa mengakses ke tes.ruangguru.com dan mendaftar secara gratis. Terdapat pilihan soal dari jenjang SD bahkan untuk ujian masuk Perguruan Tinggi.

Keunggulan tes online di ruangguru antara lain :
  • Bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam mengerjakan tes. Sehingga tidak perlu memaksakan diri menjawab semua pertanyaan dengan benar.
  • Mengetahui manajemen waktu saat mengerjakan tes dengan tepat. 
  • Terdapat laporan yang lengkap setelah mengerjakan dan peringkat serta poin yang diperoleh untuk ditukarkan dengan hadiah menarik. 
Harapan mas Iman sendiri dengan adanya Ruangguru bisa memiliki data dan analisis yang akurat terkait dengan pendidikan. Ruangguru sendiri bekerja sama dengan banyak pihak misalnya pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan. Tahun 2015 lalu ruangguru menyediakan tes online untuk peningkatan kompetensi guru dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil uji kompetensi guru. Wah senang rasanya melihat semangat generasi muda yang ingin memperbaiki masalah pendidikan di Indonesia.

Dari acara gathering ini selain bisa berfoto dengan interior yang terkesan antik dan mendapat informasi penting, saya menjadi yakin bahwa dengan teknologi yang tepat bisa mempermudah dan membantu masalah yang ada. Kita tidak perlu takut dengan teknologi yang modern akan menghapus sistem yang sudah ada namun justru bisa beradaptasi dengan perubahan untuk perkembangan yang lebih baik. Peran guru tetaplah dibutuhkan untuk mengajar, namun dengan bantuan teknologi masalah bisa menjadi berkurang dan memperoleh manfaat untuk murid dan guru.

sumber : blog.ruangguru.com
Tak terasa sudah memasuki jam makan siang, blogger yang datang pun masih antusias dan diajak berfoto bersama di pinggir kolam renang yang ada di halaman belakang. Saya tak ingin ketinggalan dengan berfoto dahulu di pinggir kolam renang. Sesi foto bersama pun dimulai dan akhirnya makan siang. Pengumuman pemenang kontes foto instagram diberitahukan dan ternyata saya menjadi salah satu pemenang diantara mba Irma dan mba Sally. Kaget sekaligus senang karena tidak menyangka saya menjadi salah satu pemenangnya. Semoga aplikasi ruangguru bisa lebih baik fiturnya di masa mendatang dan banyak digunakan untuk membuat belajar menjadi lebih mudah.

sumber : blog.ruangguru.com






Comments

  1. Waaah menang kontes fotonya ya Mak? Selamat Maaaak. Ini juga keren banget penjelasannya. Jelas dan padet. Makasi sharingnya Maaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih ya mak semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Asyik terpilih jadi salah satu pemenang kontes foto instagram. Selamat ya mak.

    ReplyDelete
  3. Selamaaatt menang live IG
    Semoga Ruang Guru terus berkembang
    salam sukses

    ReplyDelete
  4. wah congratulation ya mbak atas menangnya foto kontesnya. semoga bisa menang kembali dalam perlombaan selanjuutnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang