Makin Gampang Beli Asuransi Dengan Garda Oto Digital

Tak terasa tahun ini sepuluh tahun tinggal di Jakarta yang awalnya untuk bekerja kemudian melanjutkan kuliah sampai bekerja lagi. Selama sepuluh tahun terakhir banyak perubahan yang terjadi di ibukota mulai dari transportasi, pergantian gubernur, sampai perubahan teknologi yang membawa perubahan besar di pola hidup masyarakat 


Salah satu perubahan besar yang terjadi sekitar dua tahun lalu ialah kehadiran ojek online berbasis aplikasi yang sempat menimbulkan pro dan kontra. Sebagai penumpang saya merasa terbantu dengan adanya ojek online karena tarif lebih murah dan lebih nyaman karena tertata dengan aplikasi. Namun banyak sopir ojek yang awalnya tidak setuju karena tersaingi dan mengurangi pendapatan mereka. 

Lambat laun kehadiran ojek online diterima semua pihak baik penumpang maupun sopir ojek karena menjadi lebih teratur dan membuka lapangan pekerjaan baru. Pola hidup masyarakat pun berubah karena sebagian besar transaksi kini mulai dari membeli makanan, tiket nonton film, mengangkut barang untuk pindah rumah hanya dari aplikasi ponsel pintar. 

Semenjak itu kehadiran aplikasi di ponsel semakin marak, hampir semua lini bisnis membuat aplikasi agar lebih dekat dengan masyarakat. Transaksi pun kini semakin mudah, yang dahulu kita harus datang ke bank atau atm untuk membayar berbagai tagihan sekarang cukup lewat internet dari kantor atau rumah transaksi bisa dilakukan. 

Setiap tahunnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Hal ini didorong dengan maraknya ponsel canggih yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Tarif internet juga semakin kompetitif sehingga siapapun kini dapat mengakses internet dengan mudah mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Melihat pertumbuhan pengguna internet yang besar bahkan kelima di dunia, salah satu perusahaan asuransi melakukan inovasi dengan membuat aplikasi untuk pemilik kendaraan bermotor dan asuransi kesehatan. Aplikasi ini dibuat agar memudahkan masyarakat jika ingin bepergian atau mengurus perpanjangan stnk karena ada pengingat dan tips singkat berkendara yang aman.


Sebagai upaya memperbaiki layanan dan meningkatkan kualitas aplikasi, pada tanggal 10 Oktober 2017 Asuransi Astra meluncurkan layanan baru dengan nama Garda Oto Digital. Peluncuran ini diadakan di Ciputra Artpreneur dan diresmikan oleh CEO Garda Oto Bapak Rudy Chen dihadapan para media, komunitas, blogger dan direksi Asuransi Astra.


Selain meluncurkan layanan Garda Oto digital, pak Rudy juga  mengumumkan penyempurnaan aplikasi Garda Mobile Otocare 3.0 dan Garda Mobile Medcare 2.0. Terdapat penambahan fitur baru pada aplikasi Otocare yaitu Claim Report, Claim Status, Emergency dan Event. Sedangkan fitur pada Medcare antara lain Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, dan Rating Provider.


Peluncuran Garda Oto digital dan penyempurnaan layanan dilakukan karena melihat data pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah dan perubahan perilaku masyarakat yang banyak melakukan transaksi melalui ponsel pintar. Dengan layanan baru ini, Garda Oto menawarkan kemudahan membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet.

Menurut pak Rudy, Garda Oto Digital adalah bagian dari komitmen digital Asuransi Astra yang telah dikembangkan sejak tahun 2016 dan akan terus berinovasi dalam mewujudkan visi "Bring Peace Of Mind to Million". Upaya itu tidak sia-sia, karena di tahun yang sama Asuransi Astra terpilih menjadi the most digital company in general insuranse.

Untuk membuktikan kemudahan transaksi pembelian asuransi kendaraan, saya membuka situs www.gardaoto.com. Di situs ini terdapat informasi antara lain bonus langsung yang didapatkan setelah membeli asuransi, kemudahan yang didapatkan konsumen, dan tiga langkah membeli asuransi kendaraan.





Saya lalu mencoba membeli dengan mengklik tulisan BELI pada pojok kanan atas. Setelah mengklik BELI, lalu muncul halaman baru yang berisi informasi kendaraan yang harus diisi. Informasi yang harus diisi antara lain no rangka, no mesin, merk, tahun, tipe, seri, penggunaan, wilayah, dan warna kendaraan. Selanjutnya ada kolom perluasan jaminan berapa orang pengemudi, penumpang, pilihan klaim yang diinginkan, dan lokasi survey. Karena Garda Oto digital baru berlaku di Jakarta, maka lokasi survey juga berada di wilayah Jakarta.



Tahap berikutnya ialah melengkapi data diri seperti nama, alamat, tanggal lahir, nmr telp, nmr ktp dan jenis kelamin. Pada tahap ini kita diminta mengunggah foto KTP dan STNK sebelum melakukan pembayaran. Setelah melengkapi informasi kendaraan dan identitas diri maka akan terlihat ringkasan biaya premi, biaya pertanggungan, dan biaya administrasi.






Tahap terakhir ialah melakukan pembayaran asuransi dengan beberapa pilihan antara kartu kredit, bca klik pay, mandiri klik pay, dan virtual account bank permata. Pada pilihan pembayaran, Garda Oto memberikan kemudahan dengan cicilan 0 % untuk pengguna kartu kredit BCA, Mandiri dan Permata.



Setelah mencoba membeli asuransi kendaraan lewat internet, memang tahap pembelian dan pembayaran cukup mudah. Apalagi Garda Oto juga memberikan benefit langsung setelah membeli asuransi yang menarik yaitu hadiah langsung e-Toll On Board Unit, voucher Optik Melawai Rp 500.000, dan kesempatan memenangkan Samsung Galaxy Note 8.



Tahap untuk membeli terdiri tiga tahap membeli Asuransi Astra yaitu daftar, bayar dan survey. Sedangkan kemudahan yang bisa diperoleh setelah membeli melalui gardaoto.com antara lain #MakinGampang pilih lokasi klaim, #MakinGampang antar jemput kendaraan, dan #MakinGampang pantau status klaim dengan aplikasi Otocare.


Jika sebelumnya saat membeli asuransi kita harus menyediakan waktu datang ke kantor cabang, kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk proses klaim menjadi lebih mudah karena bisa di kantor, rumah, kampus dan dimanapun. Jika kendaraan harus diservis di bengkel, kita tidak perlu repot karena Garda Oto juga menyediakan layanan antar jemput kendaraan dari dan menuju bengkel. Setelah mengajukan klaim, kita dengan mudah memantau status klaim melalui aplikasi Otocare sehingga lebih efisien dan praktis.

Secara keseluruhan tampilan situs gardaoto.com informatif, jelas, mudah digunakan dan nyaman dilihat karena warna dominan ialah putih, biru dan hitam. Situs ini bisa diakses melalui laptop, PC dan ponsel. Dengan layanan terbaru ini semua orang dapat membeli asuransi sesuai jenis kendaraan dan kebutuhan.

Kehadiran Garda Oto Digital dengan konsep baru di industri asuransi Indonesia memberikan pilihan baru kepada masyarakat, sehingga asuransi diharapkan bukan sesuatu yang menakutkan tetapi kebutuhan yang penting. Masyarakat bisa membeli asuransi dengan nyaman tanpa dikejar agen asuransi dan menikmati kemudahan baik berupa layanan atau hadiah langsung. Hal ini sesuai slogan garda oto "#MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya !"

Selamat untuk tim Garda Oto digital atas layanan terbaru yang diluncurkan dan semoga disambut baik masyarakat serta layanan bisa diperluas di kota-kota besar lainnya di Indonesia sehingga kemudahan digital bisa dirasakan jutaan masyarakat Indonesia. Informasi selengkapnya bisa dibuka di situs www.gardaoto.com, follow akun twitter @gardaoto dan instagram @garda.oto















Comments

  1. Astra makin keren saja. :D Semua jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  2. Sukses terus deh buat Astra. Semoga ke depannya lebih banyak program baru yang makin memudahkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga bisa memperluas layanan ke kota-kota lainnya :)

      Delete
  3. Dulu bapakku juga pakai asuransi Garda Oto ini, tapi belum sepraktis sekarang :))

    ReplyDelete
  4. Lebih praktis dan makin gampang ya sekarang jadi buat perempuan yang punya kendaraan berasa nyaman banget aklau udah ada Garda Oto Digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa dilakukan kapan saja tanpa harus keluar rumah :)

      Delete
  5. Sekarang semuanya bisa serba online ya. Memudahkan siapapun dan juga lebih hemat waktu :)

    ReplyDelete
  6. Diskon Zalora tuh menggiurkan banget... Hehhe.. Apalagi dikit lagi mau hari belanja online, pas banget kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beli asuransi bisa sekalian belanja dengan hadiah vouchernya :)

      Delete
  7. Wahh beli asuransi jd lebih gampang ya. Thanks to internet yg memudahkan hidup kita..

    ReplyDelete
  8. Aku kemarin mantengin pas live launchingnya. Bener - bener makin gampang ya semuanya. Selain paperless, dengan adanya aplikasi gini jadi nggak ribet kalau mau klaim asuransi

    ReplyDelete
  9. Lama juga ya sudah 10 tahun di Jakarta

    ReplyDelete
  10. gampang banget ya proses pembeliaannya, era digital emang memudahkan kita dalam hal apapun ya

    ReplyDelete
  11. Makin gampang ya mbak, beli asuransi kendaraan gak pake ribet, cukup dengan jari...

    ReplyDelete
  12. penting nih aplikasi untuk beli asuransi kendaraan. Thanks buat artikelnya.

    ReplyDelete
  13. Sekarang apa apa makin gampang aja ya, termasuk membeli asuransi mobil. Dulu mah kebayang harus datengin kantornya dulu, survey juga ribet banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dengan teknologi kebutuhan masyarakat menjadi lebih mudah :)

      Delete
  14. Biaya asuransi untuk yang komprehensif kompetitif nih, dengan adanya banyak hadiah bisa jadi magnet yang menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beli asuransi jadi hal menyenangkan karena banyak bonusnya :)

      Delete
  15. Beli asuransi mobil jadi gak ragu ya mbak, karena makin gampang dengana danya layanan dari Garda Oto Digital

    ReplyDelete
  16. Untuk pelanggan jabodetabekl makin dimudahkan ya. Semoga berlanjut di kota-kota lainnya

    ReplyDelete
  17. Era teknologi yg kian memudahkan, tak terkecuali dlm klaim asuransi. Makin praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dengan teknologi memudahkan aktivitas manusia :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan