Green Job Solusi Agar Berkontribusi Pada Lingkungan



apa jadinya jika sumber daya alam Indonesia habis dieksploitasi perusahaan tambang? pertanyaan inilah yang pernah terlintas di benak saya melihat kekayaan alam terus menerus dikeruk untuk menambah pemasukan negara.

sumber daya alam



dahulu sepuluh atau dua puluh tahun lalu bekerja di perusahaan tambang asing merupakan impian banyak orang. gaji besar, fasilitas lengkap dan karir menjanjikan menjadi benefit yang ditawarkan kepada karyawannya.

sekarang tren anak muda atau generasi muda ialah bekerja di perusahaan start up atau rintisan. Gojek, Traveloka, Tokopedia menjadi contoh perusahaan berbasis teknologi dan kreativitas mampu memberikan solusi bahkan berkontribusi pada ekonomi negara.


namun bekerja kini bukan sekedar untuk mencari uang tapi juga memberi nilai pada masyarakat. salah satu nilai yang penting adalah lingkungan. bagaimana perusahaan atau tempat kita bekerja ikut mendukung pelestarian lingkungan misalnya menggunakan kertas bolak balik, mematikan lampu selesai meeting, mencabut listrik sebelum pulang bahkan tidak menggunakan bahan plastik di kantor.

beberapa perusahaan sudah lama melakukan itu contohnya Body Shop yang bukan sekedar ramah lingkungan tapi juga menerapkan sikap peduli lingkungan pada semua karyawannya. saya pernah mendengar cerita mereka saat workshop bahwa karyawan Body Shop tidak boleh memakai plastik untuk bungkus makanan dan wajib membawa tempat minum sendiri termasuk saat meeting.


pekerjaan inilah yang disebut Green Jobs atau pekerjaan yang punya pengaruh pada lingkungan. awalnya green job saya kira hanya berjualan sayur atau tanaman tapi tidak hanya itu. bagi wirausaha atau penjual online juga bisa ikut terlibat bagi lingkungan misalnya menjual produk daur ulang, mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan transaksi non tunai untuk mengurangi penggunaan kertas.

sekarang banyak start up atau perusahaan rintisan berbasis bahan organik juga semakin banyak. hal ini merupakan langkah bagus agar masyarakat mendukung petani lokal dan memakai produk dengan bahan alami sehingga ekosistem di sekitar kita bisa terjaga.

energi terbarukan



faktor perubahan gaya hidup dengan hadirnya teknologi pelan-pelan mengubah perilaku masyarakat. pekerjaan di sektor tambang yang mengandalkan sumber daya alam akan tergantikan dengan teknologi yang bersahabat dengan alam.


maka bersiaplah untuk bekerja di industri kreatif yang lebih dinamis dan peduli lingkungan. hadirnya co working space dan teknologi virtual membuat rapat bisa dilakukan jarak jauh atau bekerja tanpa harus memiliki gedung kantor sendiri.tanpa kita sadari kita sudah dipaksa dan mengikuti tren ramah lingkungan seperti membawa kantong belanja sendiri saat belanja di minimarket atau supermarket, membawa tempat minum sendiri di kedai kopi, bahkan menukar botol bekas untuk sejumlah uang atau bahan makanan.




adaptasi ini selain karena tren gaya hidup juga adanya perubahan iklim yang membuat cuaca kini lebih ekstrim. hadirnya green jobs membantu mengurangi sampah dan polusi, mengurangi emisi gas, dan melindungi ekosistem. contoh green jobs yang bisa kita pilih antara lain perusahaan pengelolaan sampah, perusahaan energi, transportasi rendah karbon, dan kontruksi ramah lingkungan.




walaupun pemerintah mungkin terlalu memprioritaskan green jobs bukan berarti kita hanya berdiam diri. kita bisa memulai untuk berinisiatif mendirikan perusahaan, membuka usaha sendiri atau bekerja pada perusahaan yang memiliki komitmen akan lingkungan. di tangan kita lah energi terbarukan akan bisa lebih banyak lagi digunakan.




saya optimis di masa mendatang akan semakin banyak usaha yang melibatkan lingkungan dengan baik. tinggal kita menyiapkan ketrampilan dengan penguasaan teknologi agar siap terjun sesuai keahlian yang dimiliki.










Comments

Popular posts from this blog

Kulit Sehat Dan Lembut Dengan Sabun Klorofil K-Link