Lebih Dekat Dengan Berbagai Jenis Burung Di Jakarta Birdland Ancol

Indonesia merupakan negara dengan keragaman fauna mulai dari reptil, burung, mamalia dll. Salah satu hewan yang banyak jenisnya adalah burung yaitu mencapai 1666 pada tahun 2014, dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hasil inventarisasi terbaru pada awal tahun 2022 menyatakan bahwa saat ini terdapat 1818 spesies burung yang ada di Indonesia. Hal ini menjadikan jenis burung Indonesia menyusun sebanyak kurang lebih 17% dari total jenis burung di dunia yang mencapai 9700 spesies. Namun, 177 spesies burung di antara 17% tersebut berada dalam ancaman kepunahan.


Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap 5 November, Ancol Taman Impian mengadakan kegiatan Eksplorasi Ragam Satwa Burung di unit rekreasi terbaru yang dimiliki oleh Ancol yaitu Jakarta Bird Land (JBL). Pada kegiatan ini Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.


Jakarta Birdland


Jakarta Bird Land (JBL) sendiri merupakan persembahan terbaru dari Ancol Taman Impian. Memiliki luas kurang lebih 6.000 m2 yang terbagi dalam 6 kawasan yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area, JBL adalah rumah dari ratusan ekor burung dari berbagai jenis. Area yang paling menarik adalah Sky Bridge dimana pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung - burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area aviary. Taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitat asli para burung-burung penghuninya.


peta Jakarta Birdland



Saya sudah membuktikan sendiri saat berkunjung ke Jakarta Birdland tanggal 5 November 2022 dimana bisa dengan mudah memberi makan burung jalak Bali dan berfoto bersama burung kakaktua. Yang awalnya saya takut saat burung tersebut mendekat dan melahap makanan di telapak tangan malah terasa menyenangkan. Petugas di tempat juga ramah dan bisa memberikan informasi dengan jelas saat pengunjung bertanya. 


jalak bali


Anak-anak yang datang juga terlihat senang karena bisa berinterasi dengan burung seperti memberi makan, berfoto dan membelai bulunya. Tempat ini memang ditujukan untuk keluarga dari anak-anak sampai dewasa sehingga bisa berkumpul bersama dari pagi sampai sore hari.


memberi makan burung


Beberapa jenis burung yang bisa di temui di JBL antara lain kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek mandarin, rangkong dan merak biru. Salah satu jenis yang paling unik yaitu Elang Laut Dada Putih. Burung ini memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu dan berkembang biak di sana.


burung kakaktua putih


Selain itu terdapat pula burung yang juga merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol yaitu Jalak Bali. Burung ini merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Tim Konservasi Ancol telah fokus menjalankan program ini sejak 2021 dan telah berhasil menghasilkan anakan yang semuanya kini telah menghuni Jakarta Bird Land.


Jakarta Birdland bagi saya berhasil menggabungkan konsep tempat rekreasi keluarga, edukasi dan konservasi burung yang hampir punahmenjadi rumah bagi ratusan ekor burung dari 50 spesies, baik lokal dan mancanegara. 


burung kakaktua



Bagi yang ingin berkunjungi Jakarta Birdland bisa datang setiap hari, mulai pukul 09.30 WIB-16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 75.000 saat hari biasa dan Rp 95.000 pada akhir pekan.  Harga tiket ini sudah termasuk tarif masuk ke kawasan Ancol. Info lengkap bisa ikuti akun @jakartabirdland.


Comments

Popular posts from this blog

Inovasi Manulife Permudah Nasabah Melalui Halodoc Dan MiAccount

Rasakan DNA Salmon Micro Injection Di ZAP Clinic

ulasan film sokola rimba