Ikut Berkontribusi Mengatasi Kemiskinan Melalui Program Dompet Dhuafa

Beberapa hari yang lalu viral di media sosial kasus penganiayaan remaja yang berbuntut panjang hingga jabatan orang tuanya ikut disorot. Ternyata laporan harta kekayaan yang bisa diakses publik menunjukkan angka fantastis dan tidak wajar. Masyarakat pun lalu mengecam karena ada aset yang belum dibayar tuntas pajaknya dan pelaku hidup dengan kemewahan sedangkan masih banyak orang yang masih hidup dibawah garis kemiskinan. 

Kesenjangan inilah yang masih kita temui di kehidupan sehari-hari dimana masih banyak masalah sosial yang belum teratasi seperti kemiskinan, pengangguran, bencana alam, kelaparan, anak putus sekolah, kekurangan gizi dan lainnya. Tentu kita tidak bisa tinggal diam karena masalah ini merupakan tanggung bersama yang perlu kontribusi masyarakat.

ramadandarihati


Supaya makin paham kontribusi yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu sesama apalagi di bulan suci Ramadan, maka Dompet Dhuafa mengadakan talkshow Ramadan Dari Hati tanggal 22 Februari 2023 di Tigalima Coffee Jakarta. Talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain bapak Prima Hadi Putra sebagai Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa. 




Bapak Prima mengatakan saat bencana alam informasi menjadi penting supaya masyarakat tahu apa saja bantuan yang dibutuhkan. Sebagai contoh ada dua bencana alam yang terjadi bersamaan di Lumajang dan Selayar namun bantuan sebagian besar di Lumajang sedangkan Selayar bantuan sangat minim karena kurangnya informasi di daerah tersebut. 

Dompet Dhuafa berusaha menjangkau semua wilayah sampai ke daerah terpencil supaya informasi tersebar luas dan banyak bantuan yang diperoleh untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Supaya donasi yang diberikan bisa bermanfaat pastinya dicek dulu kebutuhan masyarakat yang dibantu kemudian diberi pendampingan agar bisa tepat guna, tepat sasaran dan tepat prosedur. 



Selanjutnya adalah mba Tira Mutiara dari peneliti IDEAS mengatakan kemiskinan yang ada di Indonesia banyak yang teratasi dengan zakat yang dikelola Lembaga Filantropi Islam. Dompet Dhuafa menjadi salah satu dari lima lembaga nasional yang berhasil menghimpun dan menyalurkan zakat dalam jumlah besar dari 2012-2021. 



Dalam menjaga kepercayaan donatur, penggunaan teknologi digital sudah lama diterapkan oleh Dompet Dhuafa. Melalui satu website https://digital.dompetdhuafa.org masyarakat bisa mengakses informasi tentang Sedekah, Infaq, Wakaf, Zakat atau ZISWAF dimanapun dan kapanpun. Pilihan pembayaran untuk donasi pun beragam bisa menggunakan kartu kredit, virtual akun, dompet digital, transfer dari berbagai bank. 

Setelah memberikan donasi, donatur akan menerima laporan secara personal melalui email dan jumlah bantuan yang disalurkan akan diupdate dengan rutin. Cara ini menjadi terobosan baru bagi masyarakat di kota besar yang sibuk dan ingin berbagi sehingga memudahkan siapapun untuk berkontribusi terhadap sesama tanpa harus keluar rumah. 


Salah satu tokoh penerima manfaat dari Dompet Dhuafa Mang Ade dari Desa Tani Lembang mengatakan berkat donasi dari masyarakat profesi petani yang dianggap miskin dan kurang bergengsi kini menjadi lebih baik. Petani di Desa Tani Lembang kini memiliki penghasilan di atas UMR bahkan mengekspor sayuran hingga manca negara dan menjadi supplier aplikasi penyedia sayuran dari Jakarta. 

Dompet Dhuafa bukan hanya memberikan bantuan modal namun juga pelatihan bercocok tanam hingga pemasaran agar taraf hidup masyarakat bisa meningkat. Inilah bukti jika donasi dikelola dengan benar maka bisa mengatasi kemiskinan yang ada di sekitar kita. 

Cerita inspiratif berbagi membuat saya Berasa Lagi Ramadan karena memang kurang dari sebulan akan memasuki bulan suci yang ditunggu umat Islam sedunia. Ramadan memang bulan penuh berkah dan kesan apalagi tahun ini pandemi sudah mulai berakhir dan bisa melakukan aktivitas di luar seperti buka puasa bersama serta tarawih. Momen ini akan lebih sempurna jika kita membagikan harta yang dimiliki kepada sesama. 

Yuk sempurnakan ibadahmu dengan ikut berkontribusi dalam program #RamadandariHati karena donasi sekecil apapun akan bernilai besar bagi orang lain jika dilakukan dari hati 

Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan