Jakhumfest 2023 Ajak Gen Z Lebih Empati Kepada Sekitar

Sejak tahun 2021 Pos Bloc ramai dikunjungi anak muda terutama generasi z karena disini banyak tempat nongkrong mulai dari kafe, restoran, tempat karaoke, ruang pameran dan acara konser musik. Dengan kreativitas gedung sejarah peninggalan Belanda ini menjadi tempat yang nyaman didatangi siapa saja dari anak-anak sampai orang tua.

Jakhumfest 2023


Melihat potensi pengunjung generasi z, Jakhumfest (Jakarta Humanity Festival) 2023 diadakan dengan tema Ini Tentang Kita selama dua hari dari tanggal 28-29 Januari 2022 di Pos Bloc. Pada acara ini pengunjung bisa membeli tiket mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 165.000 dengan merchandise dimana semua penjualan tiket akan didonasikan untuk kegiatan sosial oleh Dompet Dhuafa.


talkshow financial planning


Di hari kedua saya datang, saya mengikuti talkshow yang membahas masalah keuangan supaya bisa stabil dalam jangka panjang. Ternyata tips Annisa Steviani seorang finansial planner adalah punya penghasilan yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan, punya dana darurat, punya asuransi untuk proteksi  bukan investasi, investasi bukan sekedar cuan tapi bikin nyaman. 

Sebenarnya masalah keuangan itu tidak ada tapi masalah pribadi yang disebabkan komunikasi tidak lancar misalnya dengan orang tua, pasangan, atau keluarga lainnya. Bisa juga ada dendam pribadi saat masih anak-anak belum bisa beli mainan atau pakaian mahal sehingga saat punya uang banyak ingin melampiaskan dengan belanja berlebihan. 

Itulah pentingnya kontrol diri supaya tidak terjebak hutang di hari tua dan selektif membeli barang bukan karena ikut-ikutan. Untuk bisa memiliki kemerdekaan finansial tidak harus di usia muda karena latar belakang yang berbeda-beda jika masih harus bekerja sampai 60 tahun lebih itu hal yang wajar karena masih banyak orang yang produktif di usia lanjut. 


pameran foto local heroes


pameran jakhumfest

Setelah mendengarkan talkshow sesi pertama, saya lanjut melihat pameran foto bertema "Local Heroes" yang menampilkan sosok pahlawan di sekitar kita mulai dari tukang parkir sampai penjaga lintasan kereta api. Selain itu ada simulasi bencana alam berupa Virtual Reality dengan bantuan alat sehingga kita bisa merasakan langsung saat gempa bumi atau kebakaran. 


disaster simulation



indonesia mendengar


Pengunjung juga bisa merasakan keheningan di booth Indonesia mendengar supaya bisa merasakan kesulitan teman tuli saat konser musik. Setelah itu bisa mampir ke booth silang untuk belajar bahasa isyarat dengan bantuan instruktur yang ada. Jika ingin berdonasi kita bisa membeli baju layak pakai yang masih bagus dengan harga terjangkau di booth Pojok Kenangan. Terakhir saya mengikuti workshop menyulam dengan bahan yang telah disediakan. 


bahasa isyarat


workshop menyulam


Talkshow sesi kedua pun saya ikuti dengan pembicara Raden Prisya sebagai Wellbeing Coach dan Rhaka Ghanisatria sebagai co-founder Menjadi Manusia. Keduanya berbagi pengalaman pernah mengalami masa terpuruk dalam hidupnya kemudian bangkit lagi dengan menentukan tujuan hidup dan kebahagiaan dalam dirinya. 


talkshow kesehatan mental


Jika memang sedang mengalami masalah yang berat tidak perlu malu untuk menemui ahli seperti psikolog atau psikiater. Karena konseling atau terapi dengan psikolog bukanlah aib justru salah satu cara supaya bisa sembuh secara mental. Masalah yang ada dalam hidup kita memiliki tujuan agar manusia menjadi pribadi yang bersyukur dan bertumbuh. 

Supaya kita bisa bahagia kuncinya adalah rasa syukur dan fokus dengan saat ini juga masa depan atau be mindfulnes. Untuk bisa fokus dengan saat ini perlu dilatih perlahan-lahan misal dari video tutorial di youtube selama 3-5 menit nanti akan bertambah menjadi satu jam bahkan lebih. 

band mocca


the rain


Rasanya tidak sia-sia saya datang dari jam 1 siang sampai jam 10 malam ke acara Jakhumfest 2023 karena banyak hal yang saya dapatkan mulai dari pengetahuan keuangan, simulasi bencana, belajar bahasa isyarat, workshop menyulam, tips tentang kesehatan mental, sampai nonton konser musik Mocca dan The Rain. Selain mendapatkan pengetahuan dan hiburan saya juga bisa berdonasi dengan cara  yang menyenangkan. Konsep acara seperti ini perlu rutin diadakan supaya semakin banyak masyarakat yang empati juga berdonasi sekaligus menikmati karya musik musisi idola sesuai dengan semangat Humanesia. 





Comments

  1. Wah menarik ini acara Jakhumfest untuk anak muda, enggak hanya gen Z, kaum milenial juga bisa. Bahasa isyarat sering digunakan dalam keadaan darurat juga sekarang tidak hanya untuk tunarungu. Seru pasti acaranya apalagi materi yang disampaikan bagus dan cocok dengan konfisi psikologi sekarang. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan