Saatnya Jadi Blogger Dengan Nilai Lebih Di Masyarakat

Menjadi pekerja lepas atau konten kreator di masa sekarang sudah menjadi hal  yang wajar. Banyak ditemui generasi milenial dan generasi z lebih suka bekerja mandiri dibanding menjadi karyawan kantoran. Ada banyak keuntungan dan kekurangan menjadi pekerja lepas atau konten kreator yang dirasakan sehingga harus bisa mempersiapkan diri dengan baik. 


blogger


Saya sendiri menjadi blogger sejak tahun 2014 telah mengalami pasang surut industri digital. Dari yang  dulu sehari bisa dua bahkan tiga acara sekaligus menjadi sepi karena pandemi dan munculnya platform baru sehingga blogger mengalami pergeseran bidang pekerjaan. Awalnya dulu blogger mendapat pekerjaan menulis review produk atau jasa di blog lalu berkembang di media sosial seperti twitter, instagram dan terbaru tiktok. 

Maka blogger perlu beradaptasi supaya bisa menyesuaikan perkembangan zaman. Saya pun menyadari dan berusaha belajar mempelajari algoritma berbagai media sosial yang beragam. Memang tidak mudah dan butuh proses untuk memahami tapi perlahan-lahan bisa mengerti bahkan menjadi ahli dalam pembuatan konten. 

Ada berbagai cara agar blogger bisa memiliki nilai lebih di masyarakat antara lain 

  • bergabung komunitas blogger 
dengan bergabung ke dalam komunitas blogger Indonesia misalnya bloggercrony community maka akan banyak mendapatkan manfaat seperti menambah pertemanan, saling berbagi ilmu atau cerita, memperoleh dukungan, menambah skill melalui program pelatihan yang diadakan dan mendapatkan pekerjaan dari brand. 
  • mengikuti seminar atau  workshop 
untuk menambah skill atau pengetahuan dibutuhkan kemauan untuk belajar karena ilmu yang terus berkembang. sekarang ada banyak pelatihan seperti membuat atau mengedit video, menulis caption, membuat infografis, mengisi suara, memotret, public speaking dan masih banyak lagi. ikut seminar bisa dengan online atau offline dengan biaya terjangkau bahkan gratis. dengan sering mengikuti seminar atau kelas maka skill akan bertambah sehingga peluang pekerjaan bisa mudah didapatkan. 
  • mengikuti lomba atau kompetisi 
setelah mendapatkan ilmu dan relasi tantangan selanjutnya ialah mengikuti lomba misalnya lomba menulis blog, lomba foto atau reels instagram dan lainnya. dengan mengikuti lomba maka kemampuan menulis  akan terasah, bisa riset tema tertentu, menyebarluaskan informasi ke masyarakat dan mendapatkan hadiah berupa uang atau barang. 

Sebagai salah satu anggota bloggercrony community saya merasa beruntung karena bisa belajar banyak hal mulai dari menulis blog, berbicara di depan umum, mengikuti kegiatan sosial sampai ikut acara yang mendapatkan uang dari berbagai brand ternama. 

Selain itu blogger day rutin diadakan setiap tahun dari tahun 2015 dengan berbagai pembicara dan peserta seratus blogger dari berbagai daerah. Dari acara blogger day saya mendapatkan banyak ilmu dan insight yang bisa diterapkan misalnya lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial jangan sampai mendapatkan banyak musuh juga masalah bidang hukum. 


blogger day 2024


Blogger Day 2024 diadakan tanggal 25 Februari 2024 di Carro Pondok Indah. Ini pertama kalinya acara diadakan secara offline setelah pandemi. CARRO adalah platform jual beli mobil bekas terbaik di Asia Tenggara. Masyarakat dapat membeli berbagai mobil bekas bersertifikasi terbaik dari berbagai merek mobil seperti Toyota, Nissan, Honda, Volkswagen, Audi, Mercedes Benz dan BMW. Semua mobil yang dijual Carro ke customer mendapat garansi mesin dan transmisi dan dijamin bebas kecelakaan. Setiap orang  dapat menjual mobil bekas dengan harga terbaik dan tertinggi ke ribuan dealer rekanan CARRO.


carro



Jual mobil di Carro dengan 3 langkah simpel. Isi formulir di website, booking inspeksi gratis dan dapatkan pembayaran secara instan. Kunjungi https://carro.id/jual-mobil untuk jual mobilmu sekarang!

Dengan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang literasi digital blogger bisa memiliki nilai lebih di masyarakat misalnya jadi penulis buku, pembicara, pengajar kelas untuk UMKM. Masih banyak pihak yang perlu edukasi bagaimana menulis caption di media sosial, menyeleksi konten yang layak untuk anak-anak dan menuangkan pikiran ke dalam tulisan. 

Sehingga blogger tidak lagi dipandang sebelah mata terbukti Raditya Dika, Agustinus Wibowo, Trinity sukses menjadi penulis buku bahkan diangkat ceritanya ke layar lebar menjadi judul film yang ditonton banyak orang. 

Yuk tingkatkan kapasitas diri dengan terus belajar dari hal-hal yang ada di sekitar kita dan salurkan ilmu yang telah didapatkan agar menjadi kebaikan yang terus mengalir hingga generasi selanjutnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan