Saatnya Jadi Konsumen Cerdas Dengan Aplikasi BPOM Mobile

Setiap hari banyak produk baru yang bermunculan seperti makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan yang dijual online maupun offline. Sebagai konsumen saya merasa diuntungkan karena punya banyak pilihan dan harga yang lebih kompetitif.



Tapi apakah semua produk yang dijual aman digunakan? Nah ini lah perlu diwaspadai sebelum membeli atau memakai produk. karena semakin banyaknya produk lokal atau import yang ditemukan maka kita sebagai konsumen perlu hati-hati.



Kenapa perlu hati-hati? Karena tidak semua produk aman digunakan. beberapa kali saya membaca berita kalau banyak kosmetik ilegal yang diamankan BPOM karena tidak memiliki izin resmi dan mengandung merkuri yang membahayakan kulit.

Nah kalau kita asal membeli bisa fatal akibatnya. Memang tidak mudah memastikan semua produk aman digunakan, namun sebagai masyarakat juga harus aktif memeriksa jangan hanya bergantung pada pemerintah saja.

Saya pun mulai berhati-hati saat membeli produk di pasar atau supermarket dengan memeriksa tanggal kadaluwarsa, bahan baku yang digunakan dan kemasannya.

Alhamdulillah sampai saat ini saya masih aman dalam memakai produk, pernah saya mendapati krim untuk wajah sudah kadaluwarsa, Awalnya ingin saya pakai tapi karena sudah berubah warna dan berbau maka saya membuang krim tersebut. Lebih baik menghindari masalah daripada nekat memakai produk yang sudah tidak layak pakai.

Agar masyarakat semakin cerdas dalam memilih dan membeli produk, minggu lalu BPOM mengadakan talkshow dan launching aplikasi BPOM mobile.



Acara talkshow dihadiri oleh beberapa pembicara antara lain bapak Ojak Manurung dari Kementerian Perdagangan yang mengatakan pemerintah telah berupaya membuat peraturan dari hulu ke hilir agar konsumen maupun produsen bisa terlindungi.




Selanjutnya bapak Fathurrahman dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mengatakan tahapan dalam membeli produk diawali dari mata yang melihat kemasan apakah menarik dan masih layak, kemudian akal untuk membaca kandungan dari sebuah produk apakah aman digunakan dan hati yaitu merasakan manfaatnya apakah cocok digunakan.




Bapak Tulus Abadi sebagai ketua YLKI mengatakan masyarakat memiliki kewajiban untuk memeriksa informasi sebelum membeli produk. Karena jika salah membeli produk bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Beliau pun menganjurkan untuk memeriksa kemasan, label, kadaluarsa. 

Melihat perkembangan teknologi yang semakin dinamis dan pengguna ponsel pintar semakin bertambah, maka BPOM membuat aplikasi agar konsumen bisa selektif membeli barang. Cara menggunakan aplikasi ini mudah dengan mengunduh dari playstore, daftar lalu scan barcode yang kemudian tertera infomasi yang lengkap.




Aplikasi ini dibuat agar memudahkan masyarakat memeriksa apakah produk sudah layak digunakan sesuai slogan BPOM yaitu Cek KLIK. Cek KLIK merupakan kependekan dari cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa sesuai anjuran Kepala BPOM ibu Penny Lukito kepada masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas.





Pada aplikasi BPOM Mobile kita bisa memindai barcode produk yang dijual agar memastikan sudah mendapatkan izin edar resmi dari pemerintah. Selain memeriksa izin edar produk, kita bisa membaca informasi penting dari BPOM dan mengirimkan aduan jika ada produk yang belum memiliki izin dengan melampirkan foto serta mengisi informasi secara lengkap.




Saya lalu penasaran untuk memeriksa body lotion dari salah satu brand yang saya beli bulan lalu melalui website ecommerce. Ternyata saat diperiksa melalui scan barcode hasilnya produk tidak dikenali karena NIE atau Nomor Izin Edar belum terdaftar.





Kita tidak perlu khawatir karena dari info yang saya baca dari aplikasi BPOM Mobile, barcode dua dimensi masih bertahap diterapkan. Belum semua produk wajib menerapkan dua dimensi barcode, cek kembali dengan memasukkan nomor izin edar pada aplikasi BPOM Mobile.





Bagi saya aplikasi ini membantu masyarakat untuk memastikan produk yang dibeli sudah aman dan bisa mengadukan langsung jika ada produk yang melanggar peraturan. Dengan aplikasi di ponsel pintar maka mendukung masyarakat jadi konsumen cerdas dengan CEK KLIK. Yuk jadi konsumen cerdas dengan rutin memeriksa melalui aplikasi BPOM Mobile.










Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan