Menebar Kebaikan Dengan Mudah Dari Rumah Dengan Dompet Dhuafa

Sudah satu bulan lebih saya menghabiskan waktu seharian di rumah sejak pertengahan Maret 2020. Pandemi membuat semua aspek kehidupan berubah, kantor, hotel dan tempat usaha lainnya banyak yang tutup demi alasan kesehatan dan keamanan. Dampaknya ekonomi menjadi lesu, banyak orang kehilangan pekerjaan, harga pangan menjadi mahal dan jumlah masyarakat kurang mampu menjadi meningkat. 



Kondisi ini memang memprihatinkan apalagi Ramadhan juga tahun ini tidak bisa tarawih, mudik dan salat Idul Fitri. Tapi saya bersyukur karena masih diberi kesehatan, keselamatan dan kemudahan menjalankan ibadah puasa bersama keluarga di rumah. Rasa bersyukur selain diwujudkan dengan beribadah dengan khusuk juga dengan menebar kebaikan untuk membantu sesama yang masih banyak membutuhkan pertolongan. 





Menebar kebaikan bisa dimulai dengan hal sederhana misalnya tersenyum dan menyapa tetangga sekitar rumah, menanyakan kabar, membantu jika butuh bantuan dilanjutkan dengan memberi semangat dan doa teman komunitas secara virtual atau online. Apalagi ini bulan penuh berkah menjadi kesempatan saya untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah dengan berbuat baik dimanapun dan kapanpun. 

Untungnya lingkungan sekitar saya banyak yang memiliki energi positif sehingga banyak menginformasikan hal-hal yang bermanfaat termasuk donasi untuk tenaga medis, pekerja harian dan masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Secara tidak langsung mendorong saya juga ikut terlibat memberi donasi dimulai dari nominal kecil sesuai kemampuan. 

Banyak teman-teman yang menebar kebaikan dengan cara yang sederhana misalnya dengan memberikan nasi bungkus untuk ojek online, paket sembako untuk satpam atau tukang parkir, memberikan masker dan hand sanitizer untuk masyarakat bahkan paket APD untuk tenaga medis di rumah sakit. 

Bagi saya gerakan seperti itu sangat berdampak walaupun dilakukan perorangan atau kelompok kecil mengajarkan pada saya bahwa masih banyak orang yang peduli dan empati kepada sesama. Sedikit demi sedikit masyarakat banyak yang tergerak untuk memberikan bantuan di lingkungan sekitar daripada hanya mengeluh atau menyalahkan pemerintah. 

sumber : https://donasi.tabungwakaf.com/campaign/gaspoler-berwakaf/

Tergabung dalam berbagai komunitas membuat saya jadi banyak teman dan wawasan serta mengajak untuk menebar kebaikan. Salah satunya "Gaspoler" atau Gerakan Wakaf Sepuluh Ribu yang diinisiasi oleh blogger Indonesia yang saya juga ikut terlibat untuk mewakafkan sebagian rejeki yang akan digunakan untuk lahan wakaf produktif untuk pengembangan ekonomi kaum dhuafa agar mandiri. 

sumber : https://donasi.tabungwakaf.com/campaign/gaspoler-berwakaf/


Cara donasi sangat mudah karena dimulai dengan nominal Rp 10.000 dengan pembayaran melalui transfer bank atau pembayaran online dengan dompet digital yang sekarang banyak digunakan di kota-kota besar. Setelah membayar dan melakukan konfirmasi, kita akan menerima email yang menyatakan pembayaran telah diterima. 

sumber : https://donasi.dompetdhuafa.org/bersamalawancorona


Kini pilihan untuk menebar kebaikan semakin beragam seiring berkembangnya teknologi, memudahkan masyarakat membantu sesama dengan dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau website sehingga ibadah tetap optimal walaupun dari rumah. Misalnya dengan ikut berpatisipasi dalam #CEKAL Corona (Cegah Tangkal Corona) melalui Dompet Dhuafa untuk disalurkan tenaga medis di RS Rujukan Corona, Keluarga Dhuafa yang terisolasi, dan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum. 

sumber : https://donasi.dompetdhuafa.org/bersamalawancorona


sumber : https://donasi.dompetdhuafa.org/bersamalawancorona


Sampai dengan hari ini sudah terkumpul donasi mencapai 20 juta lebih dan masih terbuka kesempatan untuk berdonasi sampai 28 hari kedepan agar target enam puluh juta bisa tercapai. Donasi juga mudah dilakukan dengan mengisi jumlah dan profil donatur kemudian pilih pembayaran dan lakukan konfirmasi dengan melampirkan bukti pembayaran. 

Kebaikan tidak berhenti sampai disini karena mendekati hari raya Idul Fitri saya sebagai umat muslim juga diingatkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat bagi saya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta juga berbagi dengan saudara yang membutuhkan apalagi situasi sekarang yang banyak perlu dibantu. Karena masjid banyak yang ditutup dan menghindari pergi ke tempat umum, saya akan memilih membayar zakat secara online yang kini banyak dilakukan. 


sumber : https://donasi.dompetdhuafa.org/zakat/

Saya memilih membayar zakat fitrah melalui Dompet Dhuafa karena lembaga ini sudah membuktikan penyaluran yang tepat sasaran, laporan keuangan yang akuntable dan transparan, kemudahan pilihan pembayaran dan tersedia layanan penjemputan zakat dengan minimal Rp 1.000.000 yang sesuai dengan anjuran pemerintah untuk ibadah dari rumah. 



Saatnya kita menebar kebaikan berbagi di bulan Ramadhan dengan mudah dengan memberikan donasi dengan niat ikhlas dan sesuai kemampuan untuk membantu saudara kita yang kurang beruntung melalui ponsel pintar yang kita punya dari rumah. Dimulai dengan langkah kecil bisa memberi manfaat besar di masyarakat jika dilakukan secara serentak. 



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”


















Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan