Ramadhan Asik Dan Produktif Bersama ShopeeDi Rumah Aja

Salah satu bulan yang aku tunggu dalam satu tahun ialah bulan Ramadhan, karena di bulan ini akan banyak kebaikan dan keberkahan yang didapatkan. Mulai dari pahala yang berlipat ganda, bisa buka bersama teman, tarawih bareng di masjid, mudik ke kampung halaman, sholat Idul Fitri dan silaturahmi dengan keluarga di hari raya. 



Tapi sejak ada pandemi di Indonesia awal Maret lalu, aktivitas banyak berubah termasuk juga ibadah puasa. Hampir semua kegiatan hanya bisa dilakukan di rumah, jadi tidak bisa sholat tarawih, buka bersama dan mudik lebaran. Kaget, sedih dan panik itulah yang sempat aku rasakan. Namun pelan-pelan aku belajar menerima kenyataan, bersyukur dan menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. 



Aku kini mengerti ibadah harus tetap berjalan baik di masa senang maupun susah. Walaupun seharian full di rumah kita bisa ibadah, bekerja, belajar bahkan memberi kepada sesama. Hampir semua aktivitas kini dipermudah dengan teknologi sehingga seharusnya bisa produktif dengan kemampuan yang kita miliki. 

Beruntunglah aku lahir di zaman modern yang perkembangan teknologi dinamis jadi sekarang sudah dibantu dengan aplikasi baik buatan dalam maupun luar negeri untuk berkarya. Hal lainnya yang mempermudah ialah hadirnya komunitas dengan anggota yang beraneka ragam latar belakang. Dalam komunitas yang tergabung dalam grup whatsapp kami saling memberikan dukungan, memberi kabar baik bahkan kelas online dengan berbagai tema menarik. 

Di sinilah aku jadi mengerti kalau kreativitas bisa muncul dalam keadaaan terdesak atau kondisi yang tidak nyaman. Ramadhan yang tadinya aku pikir membosankan karena tidak bisa ibadah di luar rumah kini jadi menyenangkan karena bisa melakukan beberapa aktivitas yang berbeda. Mau tahu gimana biar bisa asik dan produktif selama Ramadhan di rumah aja ? ini kegiatan yang aku lakukan :

  • bermain shopee tanam di aplikasi shopee


ini merupakan pertama kalinya aku ikut bermain shopee tanam dimana kita bisa panen baik itu beras, jus jambu, THR atau voucher makanan. awalnya sempat bingung, tapi pelan-pelan bisa mengikuti bahkan mendapat banyak koin yang nantinya bisa digunakan belanja. bahkan saking serunya ada grup khusus whatsapp untuk saling siram supaya cepat panen. kegiatan ini menyenangkan selain buat diri sendiri juga buat orang lain bahkan timbul solidaritas agar teman juga bisa merasakan bonus koin. 



permainan juga bervariasi ada shopee poly, shopee capit dan shopee joget yang bisa dilakukan dengan mudah, dimanapun dan kapanpun. rasanya setiap hari jadi menyenangkan dengan adanya permainan dari shopee karena ada musik yang seru, mendapat banyak koin dan bisa meminta bantuan teman.
  • mengikuti kelas online 

sumber : tempo-institute.org


sejak ada program work from home atau karantina di rumah, banyak platform yang menyediakan kelas online gratis untuk menambah pengetahuan atau ketrampilan. karena gratis aku pun ikut mendaftar kelas tersebut apalagi dengan tema yang bagus misalnya membuat surat motivasi buat beasiswa, menulis artikel ilmiah populer yang mudah dimengerti dan tema lainnya. 

hal ini bikin aku jadi semangat buat belajar karena sebelumnya belum sempat belajar tema ini secara offline. sekarang dengan modal kemauan, laptop atau hape dan koneksi internet aku bisa dapat banyak ilmu yang bisa diaplikasikan sekarang atau masa depan. 

  • membuat konten podcast 


sudah sejak lama aku pengen bikin podcast dengan tema review film sesuai hobi. setelah dapat banyak saran dari teman dan pakar digital marketing akhirnya bulan April aku mulai bikin podcast dari ponsel pintar dengan mengulas film dengan pesan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. ternyata membuat podcast tidak sesulit yang aku pikirkan malah relatif mudah apalagi ada aplikasi anchor dan spotify yang memudahkan siapapun bisa membuat konten. 

dengan membuat konten podcast aku berharap bisa memberikan semangat dan inspirasi kepada pendengar agar bisa semangat menjalankan ibadah dari rumah. selain membuat konten podcast, aku juga mendengarkan berbagai podcast dengan tema yang unik-unik. dampaknya aku bisa nambah wawasan yang belum pernah dapatkan sebelumnya secara gratis dan teman baru yang memiliki minat yang sama. 

  • olahraga dari rumah



olahraga biasanya aku lakukan di luar rumah dengan jalan kaki, jogging, renang, zumba atau yoga. dengan masa pandemi olahraga tetap bisa dilakukan di rumah karena sekarang banyak kelas online untuk olahraga bersama dari rumah seperti zumba atau yoga supaya stamina bisa kuat dan stabil. kesempatan ini buatku bagus sebagai cara supaya badan kita sehat, terhindar dari penyakit dan bisa lancar menjalankan puasa sampai hari raya Idul Fitri. 

  • belanja kebutuhan rumah tangga melalui shopee


untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, belanja baik itu makanan, pakaian, elektronik, kosmetik, dll aku memilih membeli secara online. alasannya caranya mudah, banyak promo menarik seperti potongan harga, cashback, gratis ongkir, koin shopee, pilihannya banyak, aman dan bisa belanja kapanpun. sekarang belanja jadi tenang karena mulai dari bumbu dapur, menu buat sahur, buka puasa lengkap bahkan gratis ongkir dengan belanja di shopee mart. 



mau tampil cantik di hari raya bagi laki-laki atau perempuan juga bisa belanja apalagi ada promo Big Ramadhan Sale yang diskonnya besar-besaran sampai 90%. Jadi lebih praktis gak perlu repot terjebak macet, sulit cari parkir kendaraan, antri di kasir karena semua bisa dilakukan di rumah. 



Nah buat teman-teman masih ibadah dari rumah kalian perlu bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kemudahan menjalankan aktivitas. Masih banyak saudara kita yang belum beruntung bahkan harus berjuang di rumah sakit untuk mengobati pasien sampai sembuh. Tetap semangat jaga kesehatan, jaga kebersihan, terus berdoa kepada Sang Pencipta dan optimis kita bisa melalui pandemi dengan selamat dan kuat. 

Gunakan teknologi untuk mempermudah kegiatan salah satunya dengan aplikasi Shopee yang menyediakan berbagai kebutuhan dari anak-anak sampai dewasa dengan lengkap ditambah banyak permainan seru yang dapat menemani dan menghibur kita saat di rumah. Info lengkap tentang promo terbaru bisa ikuti akun instagram @shopee_id dan baca tulisan dalam Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee. 










Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan