Saatnya Jadi Pembaca Cerdas Dengan Membaca Pusat Informasi Corona Kumparan

Sejak diumumkannnya pandemi Corona yang hadir di Indonesia awal Maret lalu, membuat masyarakat panik untuk mencari tahu tentang virus yang masih belum ada vaksinnya. Banyak tersebar informasi di media sosial seperti facebook, twitter, atau instagram yang belum pasti kebenarannya. Parahnya lagi banyak hoaks yang beredar di berbagai grup whatsapp yang membuat masyarakat jadi panik dan terpecah belah. 



Padahal pemerintah sudah menetapkan juru bicara untuk informasi COVID-19 namun masih saja ada oknum yang malah memperparah keadaan dengan menyebar informasi tidak benar. Masyarakat masih belum bisa menyaring informasi yang diterima sehingga mudah percaya dengan pesan broadcast tanpa disertai sumber yang valid. 

Saya beberapa kali menjelaskan kepada teman di grup komunitas agar hati-hati dengan berita yang tersebar pastikan sumbernya valid dan kredibel. Kalau belum pasti lebih baik jangan disebarluaskan supaya tidak menimbulkan kepanikan. Tetap saja satu atau dua orang masih belum bisa membedakan mana berita benar atau bohong.

sumber : https://kumparan.com/page/corona


Saya pun sempat emosi melihat banyak situs berita online yang memuat berita tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Untunglah awal April Kumparan sebagai salah satu media massa online menghadirkan Pusat Informasi Corona yang bisa diakses melalui aplikasi berita kumparan atau website https://kumparan.com/page/corona. 

Dalam Pusat Informasi Corona terdapat informasi lengkap untuk masyarakat antara lain :

sumber : https://kumparan.com/page/corona

  • memahami virus corona yang memuat tujuh konten pilihan yaitu  mengenal COVID-19, bagaimana gejalanya, bagaimana virus Corona menular, vaksin atau obat untuk Corona, perlukah memakai masker dan mengapa anak muda bisa meninggal karena Corona. 
sumber : https://kumparan.com/page/corona
  • pencegahan diri dan keluarga yang berisi cara ibu hamil melindungi diri, cara naik transportasi umum, panduan ke rumah sakit, tips merawat mobil, tips mempekerjakan ART dll.
sumber : https://kumparan.com/page/corona
  • prosedur tes dan pengobatan corona memiliki informasi bagaimana tahapan tes corona, cara karantina mandiri di rumah, cara merawat penderita corona di rumah dll.
  • happy at home memuat konten misalnya tips menyimpan makanan di rumah, film keluarga yang bisa ditonton, resep santapan lezat, supaya tetap waras di masa pandemi Corona.
sumber : https://kumparan.com/page/corona

  • RS rujukan Corona yang tersebar di 34 provinsi beserta alamat dan nomer teleponnya 
sumber : https://kumparan.com/page/corona

  • hotline Corona beserta nomor kontak pengiriman bantuan, pendaftaran relawan di seluruh Indonesia 
  • kumpulan doa agar hati tenang dan pikiran jernih selama menghadapi pandemi Corona 
sumber : https://kumparan.com/page/corona

  • pengumuman terkait kebijakan yang diumumkan pemerintah
  • donasi lawan corona untuk membantu sesama yang terdampak dimulai dari diri sendiri dilakukan secara bersama-sama. 
Bagi saya hadirnya pusat informasi Corona di kumparan memudahkan masyarakat untuk membaca informasi yang tepat mulai dari mengenal gejala, bagaimana mengisi waktu di rumah, rumah sakit rujukan sampai memberikan donasi bagi yang membutuhkan. Dalam satu halaman bisa membaca berbagai berita atau tips ringan sehingga tidak perlu repot mencari ke banyak website dan menghemat waktu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, bapak atau suami juga bisa ikut membaca karena di dalamya bisa diterapkan dengan mudah atau bisa menjadi bahan diskusi dengan keluarga supaya bisa sama-sama belajar bagaimana mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat di rumah. 

sumber : https://kumparan.com/page/corona

sumber : https://kumparan.com/page/corona

Bagian yang saya suka dari pusat informasi corona ialah happy at home, kumpulan doa dan donasi lawan corona. Alasannya karena saya bisa membaca tips memasak, mendekor rumah, menonton film supaya lebih betah untuk di rumah, terus berdoa kepada Sang Pencipta agar diberi kesehatan dan keselamatan dan meningkatkan empati agar peduli kepada sesama melalui donasi lawan corona. Dengan di rumah saja kita sudah membantu pemerintah mengurangi penyebaran virus dan mencegah terjadi perpecahan karena bisa memilah informasi dengan tepat. Saya jadi lebih mudah mendapat inspirasi untuk membuat konten atau #berkahnulisdirumah berkat artikel yang terdapat di kumparan.


sumber : https://kumparan.com/page/corona



Nah buat teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lengkap, bermanfaat dan aktual bisa mengakses pusat informasi Corona di kumparan. Daripada pusing membaca berita bohong di media sosial yang malah membuat cemas dan menurunkan daya tahan tubuh lebih baik membaca berbagai artikel yang inspiratif dan terpercaya dari kumparan sehingga lebih #tenanguntukmenang menjalankan ibadah puasa. Saatnya kita jadi pembaca yang cerdas dengan memilih informasi dari sumber yang tepat bukan sekedar menyajikan statistik berupa angka.















Comments

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kulit Sehat Dan Lembut Dengan Sabun Klorofil K-Link