Sajikan Hiburan Positif Dengan Stand Up Comedy Indonesia

Baru-baru ini media sosial baik instagram atau youtube dihebohkan dengan tayangan alay di televisi yang kontennya kurang mendidik. Awalnya tayangan alay diungkapkan presenter Dedy Corbuzier lewat channel youtubenya. Tak disangka tayangan tersebut viral karena mendapat respon dari berbagai kalangan dari musisi, artis dan masyarakat. 



Banyak masyarakat yang mengeluhkan tayangan alay di televisi karena membuka aib orang, menjelekkan fisik bahkan mengucapkan kata-kata yang kasar tanpa sensor. Rating bagi stasiun televisi masih dianggap sebagai patokan utama untuk mencari iklan atau pendapatan. Maka untuk mencapai rating beberapa program kini melakukan hal-hal yang kurang pantas seperti membuka aib orang lain, membuat berita settingan, bahkan membuka masalah rumah tangga ke publik.

Masyarakat sebenarnya membutuhkan tayangan yang mendidik dan menghibur. Maka beberapa tahun terkahir hadir stasiun televisi baru yang ingin memberikan alternatif tontonan dengan konsep yang berbeda. Salah satunya ialah KompasTV yang dinaungi Kompas Gramedia Grup. Dengan pengalaman di industri media, KompasTV memiliki konsep mendidik masyarakat dalam setiap programnya. 
 


Salah satu program yang sukses dari KompasTV ialah Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang tahun ini memasuki tahun ke delapan. Berbeda dengan program lainnya yang kontennya hanya mengandalkan gimmik atau aib orang lain, Stand Up Comedy Indonesia merupakan program pencarian bakat komedian dengan konsep "smart jokes".



Peserta selain memiliki selera humor juga harus memiliki kemampuan public speaking dan pengetahuan yang mumpuni agar bisa memberikan hiburan yang berbeda dan berkualitas. Sebelum tayang perdana tanggal 31 Maret 2018, KompasTV mengadakan press conference di Agbelin Resto tanggal 29 Maret 2018.

 Pada press conference hadir tiga orang juri yaitu Pak De Indro Warkop, Pandji Pragiwaksono, dan Cak Lontong, mas Deddy bagian programming KompasTV, dan Mba Khasanah Nola produser SUCI. Program SUCI secara konsisten diadakan selama delapan tahun dan telah lahir komika-komika yang memberikan kontribusi dalam dunia hiburan seperti Ernest Prakasa, Kemal Pahlevi, Babe Cabita, Ge Pamungkas, Dodit Mulyanto, dan Abdur Arsyad. 



Akan ada beberapa inovasi di tahun ini antara lain hadir di platform digital yaitu youtube agar dapat dinikmati pengguna media digital yang terus meningkat di Indonesia. Selain itu menurut mba Nola peserta tahun ini yang lolos audisi hanya 15 orang karena akan dibagi ke dalam tiga tim. Setiap episode masing-masing tim akan diberi tantangan yang berbeda sehingga komika harus bisa menaklukan tantangan yang tidak terduga. Maka tema tahun SUCI  ini adalah "Mission Impossi8le" untuk memberikan warna yang berbeda dibandingkan season sebelumnya. 



Bagi mas Deddy SUCI bukan sekedar program pencarian bakat, tapi merupakan akademi yang menghasilkan komika yang berkualitas di masyarakat. Komika akan mendapat ilmu dari juri yang sudah berpengalaman misalnya menulis naskah, akting, bahkan berpenampilan supaya siap terjun ke industri hiburan seperti layar lebar. 



Agar menyeleksi finalis yang berkualitas, saat audisi peserta hanya diberi kesempatan hanya tiga menit untuk menghargai peserta yang menunggu sampai malam. Bahkan Pak De Indro menegaskan hanya tiga puluh detik saja peserta harus bisa menarik perhatian. Sedangkan peserta yang mengikuti audisi harus dalam kondisi fit, jika gilirannya masih lama bisa beristirahat dahulu sambil menunggu giliran. 





Kemarin kelima belas juga hadir dan memperkenalkan diri kepada media dan komunitas secara singkat. Peserta cukup beragam dari berbagai kota mulai dari Medan, Manado, Palembang, Makassar, Surabaya, Malang, Bogor, Bekasi dan Jakarta. Ada yang peserta perempuan ibu rumah tangga, pedagang, dan pelajar akselerasi. 







Dalam SUCI 8 akan menghadirkan kedua juara dari season 6 dan 7 yaitu Indra Jegel dan Ridwan Remin sebagai host audisi serta Hifdzi Khoir dan Bianca Liza sebagai host dalam show spektakuler. Dengan hadirnya SUCI 8 KompasTV berharap dapat menghadirkan tawa sekaligus memberikan inspirasi bagi pemirsa melalui kisah perjuangan para komika meraih kesuksesan. 


Saya senang masih ada program televisi yang dapat memberikan hiburan dengan cara yang positif tanpa harus mengumbar sensasi atau aib orang lain. Semoga SUCI bisa kembali menghasilkan komika yang berprestasi dan inspiratif serta mengedukasi masyarakat akan komedi yang menghibur dan positif. Info terbaru mengenai Stand Up Comedy Indonesia bisa ikuti akun instagram @suci_kompastv.




Comments

  1. Pasti akam lebih bagus deh di SUCI8 iNi karena pemilihannya ketat bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi konsepnya beda dari season sebelumnya :)

      Delete
  2. Aku pernah beberapa kali menyaksikan stand up comedy lumayan banget buat olah raga wajah karena ketawa terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lucu-lucu komikanya dan seru buat ditonton :)

      Delete
  3. Aku dulu suka nonton Stand Up Comedy karena emang jokes-nya berkelas. Sekarang udah jarang nonton karena kesibukan. Seneng deh masih ada Channel TV yang fokus pada kualitas konten seperti Kompas TV ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang beda komedi yang ada di stand up comedy :)

      Delete
    2. Aku setuju sama Atisa, Jokesnya sesuai nggak menghina atau pun mejelek-jelekan orang lain.

      Delete


  4. one of my goals, jadi stand up comedian! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar aja mas siapa tahu bisa terwujud :)

      Delete
  5. dulu sering nonton tv tapi skr mending nonton di youtube aja deh. sama aja kok. cuma emang harus bener di searching utk dapat yg lucu bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama asalkan nonton stand up comedy kompas tv :)

      Delete
  6. Stand up comedy bisa jd hiburan keren masa kini

    ReplyDelete
  7. Wah ada Cak Lontong, SUC favoritku. Aku juga suka SUC tapi memang kadang ada SUC yang lawakannya kurang pantas, meski tidak banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cak lontong emang lucu dan unik bikin SUCI jadi beda :)

      Delete
  8. Monika berkualitas, ia yg mampu menyampaikan materi bukan sekedar tentang lucu. Tapi ada edukasi, ataupun kritik membangun pada setiap kalimatnya. Maju terus untuk komika Indonesia.

    ReplyDelete
  9. udah jarang nonton stand up, paling yutup-an

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang bakal diupdate di youtube setiap episodenya :)

      Delete
  10. tv kesayangan akuuu, hehehe
    tapi aku jarang nonton stand up comedy sih sekarang

    ReplyDelete
  11. SUCA memang sangat menghibur aku juga suka banget nonton SUCA

    ReplyDelete
  12. selama saya ngeliat tayangan stand up comedy.. ceweknya tuh masih jarang ya

    ReplyDelete
  13. Aku dulu selalu nonton nih SUCI. Tapi kayaknya cuma sampai season 3. Hahaha.

    ReplyDelete
  14. Zaman awal2 SU saya sering nonton di GKJ, yang tampil Panji, Pange, Ernest, Adriano Qolbi dll lah semakin ke sini males karena banyaknya jokes yang engga banget. Mudah2an suci angkatan baru ini lebih canggih dan ga lagi jokesnya seputar aib orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga dengan konsep baru komedinya lebih berkualitas :)

      Delete
  15. Asyik nih ada SUCI ke 8. Bakal bisa ngakak cerdas lewat tayangan ini.

    ReplyDelete
  16. Slalu suka dengan stand up comedy. Materinya lucu2 kadang bikin gak lucu alias garing. Tapi tetep suka sih. Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih mendingan daripada tayangan lainnya yang mengumbar aib orang :)

      Delete
  17. Acara guyoncerdas alias smart jokes penting benget bisa bikin ketawa di tengah situasi masyarakat saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tengah situasi yang panas masyarakat membutuhkan hiburan yang berkualitas :)

      Delete
  18. Saya sempat beberapa kali nonton acara ini, cuma gak ngikutin tiap episodenya sih.

    ReplyDelete
  19. kemarin nonton finalnya.. sekarang siapakah pemenangnyaaa hehe eh masih lama yaa

    ReplyDelete
  20. aku suka banget sama cak lontong nyaa. hihiii...

    ReplyDelete
  21. Aku salut lho sama peserta2 yang bisa tampil di SUCI ini..susah lho untuk membuat suatu penampilan yg lucu tp ga alay dan mampu direspon penonton. Makasih sharingnya ya kak.

    ReplyDelete
  22. Suka sama komika asalkan nggak aneh-aneh ngelawaknya..semoga tetap stand by hingga kapan pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bisa jadi contoh buat stasiun tv lainnya :)

      Delete
  23. Bener, aku suka sama SUCI soalnya menurutnya jokesnya itu lebih bermutu dibanding tv sebelah

    ReplyDelete
  24. aku jarang nonton langsung pas waktu acara seringnya nonton di youtube.
    aku setuju kalo stand up comedy juga harus berkelasm jgn hanya mengumbar kejelekan orang saja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan