Tumbuhkan Semangat Berwirausaha Melalui Es Gak Beres

Tingginya angka pengangguran dan putus sekolah di Indonesia masih menjadi masalah sosial yang masih ada hingga sekarang. Faktor penyebabnya ada beberapa hal seperti kurangnya skill, minimnya pengetahuan umum, dan mental yang belum siap memulai usaha. Untuk mengurangi angka pengangguran perlu sinergi berbagai pihak dari pemerintah, masyarakat dan pihak swasta agar semua orang punya kesempatan memiliki penghasilan yang layak. 

Pemerintah sudah berupaya dengan mendirikan Balai Latihan Kerja agar masyarakat bisa mendapatkan pelatihan secara gratis. Beberapa perusahaan juga bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan kesempatan magang hingga bekerja di pabrik sebagai karyawan. 

Upaya ini saja tidak cukup butuh gebrakan atau inisiatif supaya semakin banyak masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Perlu juga disosialisasikan kepada anak-anak juga komunitas bahwa bekerja itu bukan sekedar menjadi pegawai negeri atau karyawan tapi juga menjadi wirausaha juga bisa hidup dengan layak. 

Seorang pemuda asal Kisaran Sumatera Utara, Yudi Efrinaldi awalnya bekerja sebagai karyawan honorer dan kondisi ekonomi yang sederhana. Dengan semangat ingin mencoba ia berjualan bubur ayam di pinggir jalan untuk menambah pemasukan. Usaha tersebut tidak berjalan lancar lalu Yudi mencoba berjualan pisang goreng krispy secara online. 


jualan es gak beres

                                                    sumber : instagram @esgakberes


Dua kali mencoba namun gagal, Yudi tidak menyerah ia lalu mencoba membuat es unik yang resepnya ia dapatkan dari menonton video di youtube. Awal berjualan es unik di tahun 2019 ia menggunakan meja di pinggir jalan selama bulan Ramadhan dari jam 15.00 sampai jam 18.00. Hasilnya laris manis bahkan laku terjual habis sebelum magrib.

Melihat antusiasme pembeli, seorang kawan Yudi mengatakan kalau minumannya "gak beres" karena cepat habis dan rasanya kurang enak. Yudi pun tertantang untuk membuat minuman kekinian seperti Thai Tea dan boba ditambah buah-buahan segar. 


minuman es gak beres
                                            sumber : instagram @esgakberes

Ternyata minuman tersebut disukai masyarakat bahkan banyak permintaan yang ingin membuka kemitraan di tempat lain. Yudi  pun  mengalami kendala manajemen bahan baku, kurangnya SDM yang terampil bahkan sempat ditipu oleh karyawan yang tidak amanah. 


mitra usaha es gak beres

                                                sumber : instagram @esgakberes


Yudi tetap berusaha bangkit dan melihat ke depan karena ingin membantu masyarakat menengah ke bawah yang ingin berjualan minuman. Perlahan tapi pasti usaha Es Gak Beres memiliki 500 mitra yang tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Di tahun 2020, usaha Es Gak Beres berkembang menjadi cafe dan restoran yang membuka lapangan pekerjaan 40 orang untuk produksi bahan baku dan 10 orang pengelola kafe. 

Semangat membantu tidak berhenti disini, Yudi juga memiliki kegiatan sosial yaitu ambulans, sembako dan makan gratis. Yudi bersama tim Es Gak Beres juga aktif mengadakan sosialisasi ke sekolah dan kampus agar anak muda memiliki jiwa wirausaha sejak dini dan membuktikan wirausaha bisa berprestasi juga membanggakan orang sekitar. 


yudi efrinaldi

                                                 sumber : satu-indonesia.com


Semangat dan kerja keras Yudi dalam merintis juga mengembangkan usaha membuat temannya mendaftarkan ke dalam program Satu Indonesia Awards tahun 2021. Kegigihan Yudi Efrinaldi dalam mengatasi berbagai masalah dalam menjalankan usaha membuat ia terpilih menjadi penerima Satu Indonesia Awards kategori kewirausahaan. 

Berawal dari jualan minuman kekinian,  kini Yudi bisa meraup omzet antara Rp100 hingga Rp150 juta per bulan dari penjualan bahan baku ke mitra cabang, bisa membuka lapangan pekerjaan, membantu masyarakat yang membutuhkan dan menjadi inspirasi bagi siapapun untuk berwirausaha. 

Banyak hal yang bisa dipelajari dari  keberhasilan Yudi yaitu kemauan untuk mencoba, semangat untuk bangkit, kreativitas berpikir dan memanfaatkan teknologi untuk sesuatu yang bermanfaat. Dengan modal media sosial seperti instagram dan facebook Es Gak Beres bisa menjadi  viral juga menarik orang untuk menjadi mitra usaha. Keberadaan youtube juga dijadikan sumber inspirasi Yudi menciptakan resep minuman yang kekinian dan segar. 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai baik tua maupun muda semua punya kesempatan untuk maju dan mandiri. Usaha bisa dimulai dengan sesuatu yang sederhana dan berani menghadapi masalah karena masalah  jika diselesaikan akan menambah peluang baru. Melalui nama minuman "gak beres" masalah dan hambatan yang ada malah  bisa beres juga mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. 

   






Comments

  1. Intinya jangan mudah menyerah pada apa yang sudah kita lakukan ya, Kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan