Makin Eksis Dengan Bisnis Ikan Jambrong Unia

Sejak tahun 2009 profesi "enterpreneur" atau wirausaha menjadi populer karena banyaknya pengusaha yang menularkan virus untuk menjadi wirausaha ke berbagai kampus dan organisasi melalui seminar atau workshop. Berbagai buku motivasi untuk keluar dari zona nyaman dan menjadi wirausaha pun banyak dijual di toko buku. Orang pun lalu ikut-ikutan menjadi enterpreneur baik melalui asuransi, MLM, atau usaha lainnya.



sumber : http://www.anneahira.com/images_wp/memulai-wirausaha.jpg


Banyak yang bertahan dan sukses menjadi wirausaha namun banyak juga yang belum berhasil dan beralih profesi. Dengan berkembangnya perekonomian di Indonesia serta akses informasi yang meningkat, UKM atau Usaha Kecil dan Menengah pun kini menjadi penopang perekonomian Indonesia. Setiap tahun kredit yang diberikan oleh bank untuk pelaku UKM pun bertambah. 

Untuk memulai usaha sendiri, kini dapat dilakukan dengan mudah dimulai dari rumah dengan modal yang sedikit dipasarkan melalui social media maka pemasukan akan diperoleh. Salah satu bisnis yang banyak dijalankan dengan modal yang sedikit dan cepat balik modal ialah makanan. Berbagai jenis makanan kini banyak dipasarkan melalui social media baik itu facebook, twitter, instagram, dll. Baik itu makanan tradisional maupun makanan modern dengan berbagai kemasan dan ukuran. 

Setiap orang yang melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri, akan mencari oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Oleh-oleh yang biasanya dicari ialah makanan, pakaian atau hiasan untuk dipajang di rumah. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki kuliner khas yang menjadi primadona wisatawan misalnya Yogyakarta dengan bakpia atau getuk, Semarang dengan lumpia atau bandeng prestonya, atau Sumatera Barat dengan keripik baladonya. Nah Jakarta sebagai kota yang sibuk dan banyak pendatang dari berbagai kota belum banyak oleh-oleh khas yang bisa dibawa untuk keluarga yang berada di luar kota.




Kini bagi orang yang tinggal di Jakarta dan ingin memberikan oleh-oleh Jakarta bagi kerabat di luar kota sudah tersedia makanan yang unik dan lezat yaitu Abon Jambrong Unia. Kenapa abon?? karena abon merupakan makanan yang sudah dikenal banyak orang baik dari anak-anak hingga dewasa, Namun orang masih menganggap abon itu terbuat dari sapi dan memiliki tekstur yang halus. Abon Jambrong Unia memiliki keunikan karena terbuat dari ikan jambrong, sejenis ikan asin yang banyak ditemui di perairan Depok.

 



Awalnya mas Dana, pencetus ide Abon Jambrong beberapa kali memakan ikan asin jambrong dari teman yang tinggal di Depok. Saat bulan Puasa 2014, mas Dana pun terpikir untuk mengolah ikan jambrong menjadi bisnis makanan. Setelah mencoba beberapa kali, mba Nia istri dari mas Dana membuat abon dari ikan jambrong dengan tekstur yang tidak halus seperti abon pada umumnya. Alasan dipilih nama Unia karena mba Nia yang berasal dari Sumatera Barat biasa dipanggil Uni Nia atau singkatnya Unia. Dari sekedar memasang foto pada profil BBM tak disangka beberapa teman langsung memesan dan membeli. Bahkan kerabat mba Nia mengatakan bahwa abon jambrong bisa menjadi oleh-oleh Jakarta.


Maka sejak pertengahan tahun 2014, mas Dana dan mba Nia pun memilih positioning sebagai "Oleh-Oleh Khas Jakarta dan Depok". Racikan Abon Jambrong Unia ini terbuat dari bahan yang mudah didapat seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan ikan jambrong. Walau sering terdengar gosip ikan yang menggunakan formalin supaya tahan lama, abon jambrong ini benar-benar tanpa MSG. gurihnya asli diperoleh dari racikan bumbu alami. Bagi pembeli yang mau pergi keluar kota bahkan keluar negeri, tidak perlu khawatir karena abon ini bisa tahan hingga dua bulan asalkan kemasan tertutup rapat.




Karena abon merupakan makanan yang sudah populer di masyarakat, maka untuk menikmati Abon Jambrong Unia bisa dimakan dengan nasi dan sayur apapun sesuai selera. Saya pun kemarin mencoba memakan gado-gado dengan Abon Jambrong Unia, rasanya menjadi lebih gurih dan pedas. Saat ini terdapat dua pilihan kemasan Abon Jambrong Unia yaitu ukuran 150 gr dan 50gr, serta  dua pilihan rasa yaitu original dan pedas.

Rasanya kalau hanya bisa memakan saja, sayang rasanya jika peluang usaha reseller makanan ringan ini dilewatkan. Jika banyak orang yang terkendala biaya saat akan memulai usaha, Abon Jambrong Unia menawarkan kerja sama yang menguntungkan. Tidak perlu mengeluarkan uang hingga puluhan juta cukup dengan investasi 450 rb siapapun bisa menjadi reseller. Dengan investasi tersebut, reseller akan mendapatkan produk Abon Jambrong Unia sebanyak 20 pack kemasan reguler. Untuk pembelian selanjutnya minimal 6 pack untuk mendapatkan harga reseller.

Peluang usaha ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja dengan mudah. Karena harga jual yang terjangkau yaitu Rp 25.000 untuk ukuran 500 gr dan Rp 10.000 ukuran 50 gr, maka akan mudah dibeli oleh siapa saja. Ada beberapa keuntungan jika kita menjadi reseller Abon Jambrong Unia yaitu harga khusus reseller dengan one price sehingga tidak ada persaingan harga sesama reseller, akan masuk ke database pemilik Abon Jambrong Unia yang akan dipromosikan secara rutin, dan akan dipromosikan di jaringan media online yang dimiliki sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Bagi yang sedang mencari atau ingin menjalankan usaha dengan modal kecil, Abon Jambrong Unia bisa menjadi solusinya. Karena usaha ini membuka kesempatan untuk menjalani peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Bingung kenapa mau menjadi reseller Abon Jambrong Unia?? Ini tiga alasan kuat untuk menjalankan usaha Abon Jambrong Unia yaitu ribuan orang sudah menikmati makanan ini, rasa yang mudah diterima lidah orang Indonesia kombinasi asin pedasnya pas di lidah, dan Abon Jambrong Unia merupakan pelopor abon jambrong di Indonesia.



sumber : https://abonjambrongunia.files.wordpress.com/2014/09/reseller-1.jpg

Walau masih berumur kurang dari satu tahun, produk Abon Jambrong Unia sudah dinikmati hingga Singapura, Sydney, Kanada dan Paris. Di Jakarta sendiri Abon Jambrong bisa didapat di Giant Lebak Bulus, Kedai Ketan Susu di Citos, dan Restoran Riung Sari. Bagi saya pribadi makanan Abon Jambrong Unia bisa menjadi lauk yang enak apalagi kalau tanggal tua (berhubung anak kost), praktis karena kemasan yang kecil mudah dibawa pergi dan menjadi peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil.

 sumber : http://abonjambrong.com/wp-content/uploads/2015/01/testimoni-abon-jambrong-unia.jpg

Eksis bukan berarti aktif di event offline maupun di social media tapi juga memiliki usaha yang bisa menghasilkan dan bermanfaat bagi sekitar. Salah satu usaha yang bisa dijalani yaitu Abon Jambrong Unia yang sudah eksis di social media baik facebook, twitter, maupun instagram. Akan lebih eksis lagi kalau kita juga berbisnis Abon Jambrong Unia baik di social media maupun di kegiatan offline lainnya. Untuk info selengkapnya agar bisa menjadi reseller bisa mengakses di website yaitu www.abonjambrong.com


sumber : http://abonjambrong.com/wp-content/uploads/2015/01/banner1.jpg


Ketika saya mendapat kesempatan untuk datang langsung ke tempat pembuatan abon jambrong di Lebak Bulus tanggal 26 Maret 2015 bersama teman-teman Blogger, saya jadi belajar banyak tentang suka duka mambangun bisnis makanan dari pemiliknya langsung. Tidak hanya itu kami juga diajak melihat proses pengemasan yang masih dikerjakan secara manual dan bertanya langsung pada pegawai yang juga membantu mengolah.






Walau masih dikerjakan dari rumah, namun saya melihat proses dan semangat yang tekun dari pemilik dan pegawai Abon Jamrong Unia. Rasa kekeluargaan dari pemilik serta cerita lucu ketika pertama kali membuat saya merasa diterima dengan hangat di tempat ini. Selesai berkunjung kami pun berfoto bersama di depan teras dengan ceria.


sumber : http://catatan-kartina.blogspot.com/2015/03/liputan-blogger-ke-rumah-abon-jambrong.html


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang