Saatnya Menjemput Rezeki Menjadi Digital Enterpreneur Bersama GeTI

Sejak hadirnya teknologi digital di Indonesia, perubahan pola hidup masyarakat pun mulai beralih dari konvensional ke teknologi. Misalnya jika sebelumnya ingin membuka rekening bank harus datang ke kantor cabang, kini dengan mengunduh aplikasi bisa memiliki rekening dalam hitungan menit. 



Perubahan lainnya terjadi pada saat akan membayar jalan tol kini harus menggunakan uang elektronik yang sudah menggantikan tenaga manusia. Kondisi inilah yang dinamakan industri 4.0 dimana mesin terintegrasi dengan internet sehingga data akan tersambung otomatis saat itu juga. 

Melihat tren tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI telah mengadakan program "Making Indonesia 4.0" sebuah program terintegrasi untuk menyiapkan dan melaksanakan sejumlah strategi menghadapi industri 4.0.



Perubahan teknologi tidak bisa dihindari namun harus disiapkan bersama agar masyarakat Indonesia siap menghadapi industri berbasis teknologi. Untuk itu berbagai pihak mulai terlibat mulai dari pemerintah, komunitas, lembaga pendidikan, hingga perusahaan berbasis teknologi.

Kini mulai banyak diadakan pelatihan bagi UKM mengenai penerapan teknologi dalam meningkatkan kreativitas atau pemasaran agar siap bersaing secara global. Hal ini menjadi peluang mengingat pengguna internet cukup besar dan tingginya pengguna ponsel pintar dari anak-anak sampai dewasa. 

Secara perlahan pelaku UKM kini mengerti dan menerapkan teknologi untuk meningkatkan omset dan kualitas sehingga dapat diekspor yang bisa memberikan kontribusi pada pendapatan negara. Dengan semakin banyaknya pelatihan bagi pelaku usaha maka sumber daya manusia, teknologi, dan inovasi akan bersinergi untuk menghadapi industri 4.0. 

Salah satu pihak yang ikut terlibat dalam mendukung industri 4.0 ialah GeTI atau Global Enterpreneur and Talent Incubator yang merupakan mitra ATT Group mitra global resmi Alibaba.com. 



Saat mengundang blogger pada tanggal 19 Januari 2019 di Grand Slipi Tower Jakarta Barat, bapak Oi Wicaksono sebagai penanggung jawab Academic Fair GeTI menjelaskan masih banyak perempuan yang belum memiliki akses terhadap internet dan masih minimnya literasi digital pada pelajar di Indonesia. 

Padahal dengan penerapan internet yang optimal untuk pengetahuan dan bisnis dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan pekerjaan yang dapat membantu mengurangi kemiskinan di masyarakat. 




Maka dari itu GeTI menyediakan program inkubasi bagi wirausaha agar dapat mencetak mereka menjadi digital enterpreneur dengan teknologi sehingga siap bersaing secara global. Dengan diberikan pendampingan maka pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan berupa kemampuan dasar digital marketer yaitu analytics, SEO, design dan content creation. 

Program inkubator GeTI tidak hanya ditujukan bagi pelaku usaha namun juga bisa dijalankan bagi mahasiwa maupun orang yang ingin menjalankan usaha. Hasilnya yang wirausaha tadinya merasa gaptek dan belum bisa memanfaatkan internet dengan optimal, kini bisa mengekspor produk ke berbagai negara dalam jumlah besar. Perubahan pola pikir dari B2C menjadi B2B terus didorong untuk menjawab peluang agar bisa berkembang lebih pesat. 



Salah satu program GeTI bagi pebisnis pemula atau yang baru akan menjalankan bisnis online, kini telah hadir platform detalase.com yang menyediakan berbagai barang untuk dijual kembali dengan harga yang lebih terjangkau. Lebih dari 2 juta produk mulai dari pakaian, kosmetik, elektronik, perhiasan, perlengkapan bayi dan peralatan olahraga tersedia dengan lengkap. 



Tidak hanya menyediakan produk, detalase juga membantu pengiriman barang, pembayaran dan customer service sehingga kita tidak perlu khawatir jika ada keluhan dari pembeli. Beberapa kelebihan antara lain  registrasi yang gratis, pengiriman langsung ke konsumen, bisa langsung menggunggah beberapa produk ke salah satu marketplace ternama, bisa diakses melalui browser di ponsel dan transaksi pembayaran yang aman. 




Ketika akan mendaftar kita harus mengunggah foto identitas dan foto beserta kartu identitas untuk memastikan akun yang terdaftar memang asli dan memang serius dalam berbisnis. Bagi yang ingin menjual produk namun belum terdapat dalam detalase, bisa memasukkan foto produk yang diinginkan lalu akan dicarikan produk tersebut untuk dijual melalui detalase. 



Saatnya kita memanfaatkan internet bukan sekedar mencari informasi atau hiburan namun untuk menjalankan bisnis dan menjadi wirausaha digital agar mandiri serta mampu bersaing secara global. Info lengkap mengenai program inkubator GeTI dapat membuka website www.geti.id









Comments

  1. Memang benar sekarang zamannya serba digital. Setuju banget memanfaatkan internet untuk bisnis hehe

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget ya programnya aku jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bisa daftar juga loh ikutan workshopnya :)

      Delete
  3. Bener banget ya memang sekarang sudah zamannya serba teknologi

    ReplyDelete
  4. Aku penasaran nih aku mau buka websitenya dulu ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan semoga bisa cocok menjalankan bisnisnya :)

      Delete
  5. Memang benar, sekarang sudah banyak orang yang menggunakan internet bukan untuk sekedar hiburan tapi untuk sumber penghasilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya internet untuk bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat :)

      Delete
  6. Kita memang harus bisa nengikuti zaman mbak, apalagi sekarang industrimya sedang meranah ke digital semua.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan