Mendapatkan Nilai Kehidupan Melalui Bootcamp

Di tengah kelesuan ekonomi yang terjadi di Indonesia, hampir setiap hari saya mendengar atau  membaca berita kriminal bahkan bunuh diri. Banyak orang yang putus asa dan mudah terbawa arus negatif termasuk penyalahgunaan narkoba. Hampir semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa kini mudah terbawa arus negatif yang membuat kesehatan mental menjadi sakit.



Ya sehat bagi saya bukan sekedar fisik yang kuat tapi juga pikiran dan psikologis yang stabil. Beberapa orang di sekitar saya mengalami masalah yang membuat mental mereka labil seperti mudah marah, depresi bahkan tercetus untuk bunuh diri. Kesehatan mental masih belum menjadi perhatian utama masyarakat sehingga ketika terjadi masalah cenderung memilih jalan pintas seperti narkoba atau yang lebih ekstrim bunuh diri. 



Melihat kenyataan seperti ini dan memiliki pengalaman hidup yang berliku, membuat Bapak Onggy Hianata seorang inspirator berinisiatif mendirikan Bootcamp untuk berbagi pengalaman hidup agar orang lain bisa sukses dan menghilangkan rintangan dalam dirinya. Pak Onggy lahir dalam keluarga sederhana di Tarakan Kalimantan Utara. 




Tumbuh dan besar di keluarga dengan sembilan bersaudara membuatnya menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab. Walaupun ayahnya hanya pegawai toko kelontong kecil, namun selalu mengajarkan nilai moral kepada anaknya terutama pak Onggy. Salah satu pesan almarhum ayahnya ialah untuk menjaga nama baik orang tua dengan kata lain integritas. Dengan tekad yang kuat beliau memberanikan diri untuk pindah dan kuliah di Surabaya. 

Awalnya tidak mudah karena ia harus tinggal di kamar kos yang sempit, namun dengan keterbatasan yang ada pak Onggy bisa menemukan cara untuk bertahan hidup dengan berjualan buah, jagung bakar sampai kerupuk. Meski jatuh berkali-kali beliau tetap optimis dan sabar serta membantu saudara yang membutuhkan tempat tinggal. 

Pada tanggal 14 Februari 2003 pak Onggy mendirikan Bootcamp sebagai wujud kontribusi kepada Indonesia. Kini peserta Bootcamp hampir 75 negara yang diikuti dari berbagai kalangan mulai dari tuna netra, tuna rungu, pelajar sampai profesor bahkan menteri. Kehebatan bootcamp dirasakan banyak orang dan biasanya direkomendasikan dari mulut ke mulut. 

Dalam bootcamp yang diadakan selama tiga hari dua malam, peserta akan mendapatkan nilai kehidupan yang berlaku secara universal misalnya memaafkan dan melupakan dimana akan merubah pandangan dan sikap seseorang. Bahkan setelah mengikuti bootcamp ada orang yang bisa berhenti merokok dan berhenti menggunakan narkoba. 

Dengan kemampuan dan kredibilitas pak Onggy, beliau sering diundang menjadi pembicara ke luar negeri bahkan meraih banyak penghargaan. Namun pak Onggy enggan disebut motivator karena baginya motivasi hanya bertahan beberapa hari tetapi inspirator bisa menginspirasi hingga seumur hidup. 

Menjadi inspirator bagi pak Onggy merupakan wujud kontribusi untuk negara dimana kesan negatif Indonesia berubah setelah peserta dari berbagai negara datang dan mendengarkan inspirasi dalam bahasa Indonesia. Sehingga bootcamp juga merubah persepsi dari berbagai negara tentang Indonesia dan mengajak seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang untuk berubah ke arah yang lebih baik.



Salah satu peserta bootcamp tahun 2008 atau angkatan 46 ibu Dr Ary Hellya Kurniati menyampaikan pengalamannya setelah menjadi peserta ia menyadari telah menjadi ibu yang keras terhadap anak dan suaminya. Bahkan anaknya menjauh dan kecanduan video game serta nyaris bercerai dengan suami karena merasa tidak membutuhkan kepala keluarga. 

Begitu tersadar ia pun meminta maaf kepada suami dan anaknya serta memperbaiki sikap menjadi istri dan ibu yang lebih perhatian kepada keluarga. Suami dan anaknya juga mengikuti bootcamp yang juga merasakan manfaatnya sehingga keluarga yang hampir terpisah kini lebih dekat bahkan anaknya bisa membawa perubahan positif kepada teman-teman di luar negeri.



Hal insipiratif lainnya diceritakan Yulianto yang saat mengikuti bootcamp masih berusia muda. Ia menjadi memafkan ayahnya yang pergi meninggalkan keluarga tanpa kabar. Ia pun mulai merintis usaha namun gagal hingga berhutang mencapai 200 juta. Dengan beban hutang yang bertumpuk ia sempat terpikir untuk bunuh diri karena depresi. Untungnya ia sadar bahwa ketika mengikuti bootcamp banyak nilai yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah.

Kini ia berhasil bangkit dan membina keluarga yang bahagia berkat nilai kehidupan yang diajarkan pak Onggy dalam bootcamp. Nasehat yang selalu diingat dari pak Onggy ialah pikiran menentukan nasib kamu, maka jika ingin beubah maka harus merubah cara berpikir atau mindset. 




Kisah pak Onggy yang inspiratif membuat sutradara Fajar Nugros menuangkan cerita ke dalam layar lebar dengan judul Terbang Menembus Langit. Karena penasaran akan kisah hidupnya, saya menonton film tersebut di Plaza Indonesia tanggal 14 Maret 2018.

Film ini dibintangi Dion Wiyoko yang memerankan Pak Onggy ketika remaja dan setelah menikah, Laura Basuki istri pak Onggy, Baim Wong, Delon, Aline Aditya, dan Cak Kartolo juga ikut ambil bagian dalam film ini. 



Cerita film digambarkan dengan manis berisi adegan kekeluargaan yang menyentuh, pertemanan yang menghibur, sampai adegan terjebak kerusuhan 98 yang menegangkan. Walaupun sering mengalami kegagalan bahkan nyaris putus asa, karakter Onggy selalu sabar dan optimis bisa menjadi orang sukses serta berani mengikuti passion untuk menjalani bisnis. 

Banyak pesan moral yang bisa didapat dari film Terbang Menembus Langit antara lain nilai kekeluargaan, sayang dan hormat kepada orang tua, membantu saudara yang membutuhkan, optimis, sabar, dan cinta tanah air apapun kondisinya. 

Walau baru bertemu pak Onggy beberapa jam rasanya seperti mendapatkan banyak hal inspiratif yang jarang saya dapatkan. Apalagi setelah menonton filmnya, yang saya sarankan untuk ditonton anak muda dan dewasa yang ingin mendapatkan tontonan yang menghibur dan inspiratif. Film Terbang Menembus Langit bisa ditonton sejak tanggal 19 April 2018 di bioskop terdekat. 





Tak sabar rasanya ingin mengikuti bootcamp awal Mei dan mendapatkan pengalaman inspiratif yang bisa dibagikan kepada orang terdekat termasuk tulisan. Informasi selengkapnya mengenai bootcamp dapat  dibaca di website www.bootcampdahsyat.com. 





Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan