Krakakoa Cokelat Berkualitas Tinggi Dari Petani Indonesia

Indonesia sebagai negara penghasil rempah-rempah memiliki beberapa komoditas unggulan yang dikenal hingga manca negara seperti kopi, cokelat, tembakau, cengkeh dan lain-lain. Sayangnya banyak petani cokelat yang kurang mendapat perhatian sehingga hasil produksi kualitas tidak tahan lama, dijual dengan harga rendah dan masyarakat lebih suka cokelat impor yang lebih terkenal. 


biji cokelat


Melihat kondisi petani cokelat Indonesia yang masih kurang sejahtera, Sabrina Moestopo bekerja langsung dengan seribu petani di Lampung. Semua mitra petani cokelat dengan brand "Krakakoa" diberi pelatihan dua bulan tentang praktek dan metode pertanian yang berkelanjutan. 

Krakakoa Coklat Lampung


Setiap proses sebelum dan sesudah panen diperhatikan dengan baik mulai dari cara fermentasi dan cara jemur sampai merasakan produk cokelat yang sudah jadi. Dengan begitu petani tidak hanya memikirkan harga jual tapi kualitas produk yang dihasilkan. Melihat kerja keras petani yang tidak mudah, Krakakoa berani membayar tiga kali lipat dari hasil panen pada umumnya. 

Usaha Krakakoa membina petani lokal di Sumatera kini juga tersebar di pulau Kalimantan, Sulawesi dan lainnya berhasil mendapatkan penghargaan. Prestasi yang berhasil diraih antara lain mendapat Academy Of Chocolate kategori perak dan perunggu tahun 2017 di Inggris. Prestasi ini tentu membanggakan dan membuktikan jika diberdayakan dengan baik petani dan produk Indonesia bisa berprestasi di tingkat global. 

Sebagai pecinta cokelat, saya tertarik dengan tujuan yang mulia dan produk Krakakoa yang unik. Biasanya produk cokelat yang saya rasakan berupa minuman, cokelat batang, dan es krim. Beruntung saya bisa merasakan produk Krakakoa setelah mendaftar pada Revu yang kemudian dikirim produknya.

cokelat krakakoa

Produk Krakakoa yang saya terima di bulan November 2018 ada dua jenis yaitu Mixed Spices yang berwarna oranye dan Coconut & Cashew berwarna hijau. Dua-duanya berukuran 100 gram, sudah mendapat label halal dari MUI, tidak mengandung protein gluten, tidak mengandung susu, dan aman dikonsumsi bagi vegetarian.


krakakoa mixed spices
krakakoa mixed spices

Saat mencoba yang Mixed Spices bentuknya unik karena berukuran kecil berwarna cokelat kehitaman. Rasanya juga agak pahit dan ada aroma rempah yang unik sehingga saat dimakan tidak menimbulkan kekenyangan yang biasa saya rasankan saat memakan cokelat.

krakakoa coconut and cashew

krakakoa coconut cashew

Untuk yang jenis Coconut Cashew bentuknya juga unik karena kacang mete, kelapa dan cokelat menempel jadi satu sehingga menghasilkan rasa unik perpaduan cokelat, kelapa dan kacang mete. Wangi rempah-rempah, buah-buahan, dan rasa pahit mucul karena proses fermentasi selama tujuh hari yang menghasilkan aroma alami. 

Keunikan inilah yang belum pernah saya temui di produk cokelat lainnya yang banyak menggunakan susu dan gula. Proses fermentasi inilah banyak dilewatkan petani karena tidak ingin menambah ongkos produksi sehingga menggunakan gula untuk menutupi rasa. 

Harga Krakakoa yang saya rasakan yaitu Rp 60.000. Harga ini memang lebih mahal dari harga cokelat pada umumnya namun harga ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Krakakoa dijual mulai dari harga Rp 17.500 - Rp 125.000 dengan cita rasa yang unik dan bahan berkualitas dari petani Indonesia. 

Saatnya kita mendukung produk Indonesia dengan membeli yang layak agar nasib para petani bisa lebih baik. Krakakoa bisa dibeli di beberapa toko yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Yogyakarta, dan di beberapa negara seperti Singapura, Jerman, Belanda.

Info lengkap mengenai Krakakoa bisa dilihat di situs www.krakakoa.com dan akun instagram @krakaoa.



Comments

  1. Nah harusnya yang seperti ini dibanyakin biar makin tahu coklat lokal...tapi harus didukung dengan ketersediaan di pasar...jangan sampai susah konsumen nyari coklat lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sekarang udah gampang dibeli masyarakat kok :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan