Ajak Masyarakat Miliki Gaya Hidup Sehat Dengan ASEAN Car Fee Day

Setiap minggu beberapa ruas jalan di Jakarta digunakan masyarakat untuk berolah raga atau melakukan aktivitas fisik lainnya yang populer disebut Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Tak terasa tahun ini memasuki tahun ke enam belas Car Free Day atau CFD dilakukan di Jakarta. 



Sebagai warga Jakarta saya merasa CFD menjadi momen untuk berolah raga dan menghirup udara segar di minggu pagi karena tidak ada kendaraan bermotor yang melewati. Saya dan teman atau komunitas biasanya menikmati CFD di daerah Sudirman-Thamrin sambil berolahraga senam atau zumba bahkan pernah memunguti sampah di tengah kerumunan masyarakat. 

Melihat dampak positif dari CFD, beberapa kota juga menerapkan hal yang sama seperti Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Masyarakat yang ikut terlibat pun semakin banyak mulai dari anak-anak sampai dewasa ikut berpartisipasi dalam CFD. 

Karena Indonesia yang pertama kali mengadakan CFD di kawasan Asia Tenggara, saat pertemuan dua tahunan di bulan September 2017 para Menteri Kesehatan ASEAN membahas inisiatif untuk memperkuat sektor kesehatan dan menerapkan ASEAN Car Free Day. Tingginya penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker, jantung membuat Menteri Kesehatan berupaya mempromosikan gaya hidup sehat salah satunnya dengan berolah raga. 




Peresmian Hari Bebas Kendaraan Bermotor ASEAN diadakan pada tanggal 5 Agustus 2018 di Kantor Kementrian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan yang juga bersamaan dengan pemecahan rekor dunia untuk tari poco-poco. 



Dalam sambutannya dr Sigit Priohutomo, MPH sebagai Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan PMK RI mengatakan ASEAN Car Free Day dapat menjadi sarana yang baik untuk masyarakat ASEAN terutama di bidang kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik bersama-sama dan mengurasi polusi udara sehingga kualitas hidup masyarakat pun menjadi lebih baik. 

sumber : twitter @ASEAN
  

Selanjutnya Sekretaris Jenderal ASEAN H.E Dato Lim Jock Hoi mengungkapkan Indonesia menjadi contoh yang baik Car Free Day karena bisa membuat masyarakat memiliki gaya hidup sehat dengan berolahraga. 



Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof dr Nila Moeloek SpM(K) menjelaskan olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang selalu dikampanyekan melalui GERMAS sebagai pencegahan penyakit. Kegiatan CFD yang dapat mendorong masyarakat lebih aktif berolahraga kini juga diterapkan di masyarakat ASEAN. 

sumber : twitter @ASEAN


sumber : twitter@ASEAN

ASEAN Car Free Day dilaksanakan serentak pada tanggal 5 Agusutus 2018 di Brunei Darussalam dan Malaysia yang juga sebagai momen untuk mengkampanyekan hari bebas merokok pada hari tersebut. Diharapkan beberapa negara lainnya juga bisa menerapkan CFD dalam beberapa bulan mendatang. 




Ibu Nila juga memperkenalkan logo ASEAN Car Free Day untuk digunakan di tingkat regional yang mewakili tekad ASEAN dalam meningkatkan kualitas udara yang bersih dan mempromosikan gaya hidup sehat. 



Saat media briefing dihadiri juga para perwakilan duta besar negara-negara ASEAN, komunitas kesehatan ASEAN, dan tim ASEAN yang berada di Jakarta. Semua menyambut baik program ini dan menunggu gebrakan selanjutnya setelah pemecahan rekor poco-poco yang bisa melibatkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 




Saya sebagai masyarakat bangga Indonesia bisa menjadi pioneer untuk kegiatan positif dan diterapkan negara lainnya. Hal ini mendorong saya untuk rajin berolahraga supaya lebih sehat dan menjaga kebersihan saat CFD agar bisa dinikmati masyarakat luas. 



Mari kita dukung kegiatan Car Free Day dengan berolahraga setiap minggu pagi bisa dengan menaiki sepeda, berjalan kaki, lari atau zumba kemudian jaga pola makan setelah berolahraga dan buanglah sampah di tempat sampah yang disediakan agar jalan tetap bersih untuk melakukan aktivitas. 









Comments

  1. logo pilihan bu Menkes RI ya itu. menunggu gebrakan Asean CFD berikutnya nih. penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama mba penasaran menunggu gebrakan selanjutnya :)

      Delete
  2. Sebagai orang Indonesia, bangga deh Indonesia menjadi pelopor CFD di kawasan ASEAN. Berharap di ASEAN Car Free Day berikutnya ada pawai budaya ASEAN ya mbak biar bisa ikutan memeriahkan xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pengen bisa ikutan pawai budaya ASEAN yang lebih meriah :)

      Delete
  3. Penasaran kaya apa ya Mba CFD di negara ASEAN yang lain. Serame di Indonesia nggak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh tuh kapan-kapan kita nyoba ya :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Membongkar Mitos dan Fakta Kecantikan Bersama Natasha Skin Clinic