Jakarta Siap Sukseskan Asian Games 2018

Dua minggu lagi event olah raga internasional Asian Games akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan apalagi Jakarta sebagai tuan rumah tentu harus membuktikan kepada masyarakat bisa menjadi tuan rumah yang baik. Sempat viral di beberapa media kalau beberapa venue belum siap bahkan masih ada masalah yang akan menghambat pelaksanaan Asian Games.


Sebagai masyarakat, saya juga ingin Jakarta bisa siap untuk mengadakan Asian Games dan ingin mengkonfirmasi dengan sumber yang tepat karena hoaks banyak beredar. Sekarang netizen harus bisa memfilter berita yang sumbernya kredibel. Banyak berita negatif tentu harus dicek kebenarannya dan apakah sebagai masyarakat kita hanya bisa membully atau memberikan dukungan supaya bisa memperbaiki kekurangan bersama.



Nah saat saya mendapat kesempatan hadir di acara Ngobrol Tempo itulah momen untuk mengetahui bagaimana kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah event internasional. Acara diskusi dan talkshow diadakan tanggal 26 Juli 2018 di Candi Bentar Hall Putri Duyung Ancol. Pembicara yang hadir antara lain Bapak Sandiaga Uno Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Buldansyah Direktur Media & PR Inasgoc, dan Bapak Agus Sudarno Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol.

Indonesia menjadi tuan rumah kedua kalinya setelah Asian Games IV di tahun 1962, kini Asian Games ke 18 akan diadakan di Jakarta dan Palembang tanggal 18 Agustus - 2 September 2018. Jumlah negara yang akan berpastisipasi ada 45 negara dan lebih dari 30.000 atlet berkompetisi dengan 44 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah dibanding negara lain cukup singkat yaitu hanya dua tahun sedangkan tuan rumah biasanya mempersiapkan venue dan lainnya minimal empat tahun. Banyak orang sempat pesimis apakah Indonesia bisa menjadi tuan rumah namun dengan kerja keras dan dukungan berbagai pihak dalam waktu dua tahun bisa menyelesaikan tanggung jawab dengan baik.

Saya sendiri kagum dengan renovasi Gelora Bung Karno bisa selesai dengan baik bahkan fasilitasnya berstandar internasional. Selain Gelora Bung Karno (GBK) tentu ada venue lainnya yang akan digunakan atlet bertanding. Salah satunya Taman Impian Jaya Ancol yang akan digunakan untuk jetski dan layar.


Bapak Sandiaga Uno mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan Jakarta siap menjadi tuan rumah Asian Games karena beliau sudah meninjau sepanjang Sudirman - Thamrin yang akan digunakan untuk marathon dan Ancol juga siap bahkan menjadi venue jetski terbaik di dunia. Walaupun masih ada beberapa kekurangan namun Pemprov DKI terus berusaha untuk memperbaiki dan melibatkan masyarakat untuk mendukung event internasional.

Pak Sandi mengatakan Asian Games 2018 akan menjadi vitamin ekonomi yang dapat memberi pemasukan 45 triliun kepada Indonesia. Momen inilah yang harus digunakan dengan baik untuk mengubah etos kerja menjadi lebih baik supaya membuktikan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik di mata dunia.

Berbagai kebijakan dilakukan Pemprov DKI antara lain ganjil genap untuk mobil, penutupan beberapa ruas tol, dan meliburkan sekolah yang berdekatan tempatnya dengan Asian Games. Kebijakan tersebut dilakukan supaya mengurangi kemacetan, mengurangi polusi udara, dan mengajak pelajar ikut mendukung atlit yang ikut bertanding.




Pak Buldansyah mengungkapkan Asian Games merupakan event olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade dengan potensi penonton lima milyar orang di seluruh dunia, ada tujuh ribu media yang akan meliput, komite olahraga empat puluh lima negara hadir, dan ada beberapa olahraga yang mempersatukan atlet Korea Utara dan Korea Selatan.





Pak Agus menjelaskan Ancol sudah mempersiapkan beberapa event untuk menyambut Asian Games antara lain Ancol Kampung Betawi di Pasar Seni dari 15 Juni sampai 18 Agustus 2018, Asia Lantern Festival di Pantai Festival Ancol tanggal 4 Agustus sampai 2 September 2018, The 1st Coffee and Tea Beach Festival Di Danau Monumen Ancol, Ancol Aquathlon di Pantai Lagoon, dan Ancol Kemerdekaan Festival di Pantai Carnaval yang dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti panjat pinang dengan 188 batang pohon yang disiarkan langsung tv nasional.






Mendengar ketiga pembicara menjelaskan persiapan dan usaha yang dilakukan saya menjadi lebih yakin kalau Jakarta siap menjadi tuan rumah. Walaupun masih ada perbaikan di beberapa hal namun upaya pemerintah perlu kita dukung karena kesuksesan Asian Games menjadi tanggung jawab bersama. Sebagai masyarakat kita bisa mendukung dengan menjaga kebersihan, bersikap ramah dengan turis atau pendukung atlet dari mancanegara, menjaga fasilitas olahraga yang sudah dibangun, dan mendukung atlet Indonesia agar bisa meraih medali.

Untuk mempermudah atlet menuju venue pertandingan Pemprov bekerja sama dengan Transjakarta menyediakan bus untuk transportasi dengan branding pariwisata di Indonesia seperti pulau Komodo, Kepulauan Seribu, Raja Ampat dan lainnya. Diperkirakan 15 cabang olahraga yang bisa memberikan medali emas seperti bulutangkis, panahan, sepeda, angkat besi dan jetski maka Indonesia diharapkan dapat meraih target 17-22 emas dan masuk ke dalamp peringkat sepuluh besar.




Sebelum menutup acara talkshow, masing-masing pembicara mengajak masyarakat mendukung kesuksesan Asian Games dengan merubah perilaku menjadi lebih baik dan memfilter berita yang beredar supaya tidak termakan hoaks atau berita negatif.




Mari sukseskan Asian Games untuk kepentingan bersama dan tunjukkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik serta dukung atlet untuk berprestasi secara sportif.








Comments

  1. Ayo dukung asian games 2018 .
    Semoga indonesia bisa menjadi juara...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan