Hadirkan Konten Positif Melalui Tokoh Inspiratif

Beberapa hari ini saat saya membuka media sosial seperti twitter, instagram, dan facebook sebagian besar linimasa berisi politik terkait pencalonan capres dan cawapres yang baru saja diumumkan. Padahal bencana gempa bumi di Lombok masih belum tuntas dan Asian Games 2018 belum dimulai namun perhatian masyarakat sudah teralihkan. 



Menjelang pemilu biasanya akan banyak konten hoaks atau saling sindir yang bisa meresahkan bahkan memecah belah persatuan. Namun kini masyarakat sudah mulai bisa memilih informasi dan mengkonfirmasi berita yang beredar dengan memeriksa sumbel beritanya. 

Kebutuhan akan positif di dunia maya masih besar apalagi kini internet menjadi sebuah kebutuhan dan melihat berita melalui ponsel dapat mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Melihat kondisi moral yang membutuhkan figur yang inspiratif, sekelompok individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa membuat situs tokohinspiratif.id



Situs ini hadir untuk menghubungkan para individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan. Di dalam tokohinspiratif.id memuat sebelas kategori yang terdiri dari berbagai latar belakang, usia, minat untuk membawa perubahan positif di masyarakat. 




Untuk memperkenalkan tokohinspiratif.id di media, blogger, dan komunitas, diadakan peresmian pada tanggal 9 Agustus 2018 di Ocha Bella Restaurant Hotel Morrisey. Acara ini dihadiri beberapa tokoh antara lain bapak Imam Prasodjo, Ray Rangkuti, dan Sandra Hamid.



Ada empat tokoh inspiratif yang turut hadir dan berbagi pengalaman mereka yang inspiratif sehingga layak dimunculkan dalam tokohinspiratif.id. Tokoh pertama yaitu Nur Hidayati Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) yang sudah 20 tahun berjuang untuk lingkungan hidup. 

Baginya masyarakat kini sudah mulai menyadari pentingnya isu lingkungan namun perlu ada dorongan lebih besar dari negara supaya semua masyarakat bisa ikut berpatisipasi dalam kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan dan pemeliharaan untuk generasi yang akan datang. 

Selanjutnya ibu Titi Anggraini Direkrur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) yang selama 19 tahun berjuang memeperjuangkan agar demokrasi bisa berjalan dengan baik di Indonesia. Baginya demokrasi bukan tujuan akhir namun sebuah proses yang terus berjalan sehingga perlu diawasi oleh berbagai pihak termasuk masyarakat. 




Sebagai tokoh pria yang hadir bang Merah Johansyah Ismail mewakili aktivis organisasi non politik semangat memperjuangkan carut marut pertambangan salah satunya dengan gerakan Samarinda Menggugat. Gerakan tersebut dilakukan karena pertambangan di Kalimantan telah memakan korban dan banyak perijinan yang diterbitkan dengan semena-mena sehingga mengakibatkan korban di masyarakat. 

Sebanyak 9700 ijin pertambangan banyak disalahgunakan untuk kepentingan politis dan hal ini harus diperhatikan agar politik bisa memberikan manfaat bukannya merugikan masyarakat. Lanjutnya beliau mengusulkan agar  kementrian ESDM atau Energi Sumber Daya Mineral diganti menjadi kementrian Energi Ramah Lingkungan atau Energi Terbarukan supaya tidak fokus menggali tambang tapi memperbanyak sumber energi yang ramah lingkungan. 

Bagi saya ini sebuah usul positif yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti karena tambang pasti akan habis namun energi terbarukan bisa terus digunakan tanpa harus merusak lingkungan. Semoga usulan ini bisa diterapkan pemerintahan selanjutnya. 




Mendengar beberapa cerita inspiratif dari beberapa tokoh, bapak Imam Prasodjo mengatakan hal ini merupakan hal yang perlu diitru masyarakat karena jujur, tekun, berani mengorbankan diri sendiri, dan berani mengungkapkan fakta walaupun tidak mudah serta beresiko tinggi karena berhadapan dengan penguasa atau perusahaan besar. 

Seseorang bisa menjadi tokoh inspiratif jika memiliki kriteria antara lain :
  • memiliki passion dilihat dari track record perjuangannya
  • memiliki integritas 
  • memiliki inovasi yang unik dan berbeda
  • memiliki semangat untuk berbagi
  • memiliki kapasitas ilmu





Selain tokoh yang sudah berpengalaman tadi, kita juga mengusulkan tokoh inspiratif di sekitar kita dengan alasan yang tepat mengapa layak menjadi tokoh yang inspiratif. Caranya mudah yaitu klik tokohinspiratif.id lalu pilih ajukan dan tuliskan nama, jabatan, alasan serta unggah foto profilnya agar bisa dimuat dalam website tokohinspiratfi.id.

Semoga dengan hadirnya website tokohinspiratif.id bisa memberikan konten yang positif terutama generasi muda dan mendorong kita untuk membuat perubahan yang bisa bermanfaat di masyarakat.













Comments

  1. Mantap banget semangatnya bikin auranya menular. Webnya pasti akan sellau kukunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga webnya bisa menjadi referensi bagi anak muda jaman now :)

      Delete
  2. ada beberapa topik yang belum familiar tapi setelah mendengarkan paparannya keren sekali

    ReplyDelete
  3. seneng deh liat para tokoh ini... mereka nggak mementingkan diri sendiri tapi mementingkan kepentingan orang banyak

    ReplyDelete
  4. Semoga mereka selalu mendapatkan nikmat sehat, berkah dan rejeki sepanjang masa. Aaaamiiin.

    ReplyDelete
  5. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan