Wujudkan Kontribusimu Melalui Gerakan Wake Up! Wakaf

Mendengar kata wakaf sebagian besar akan mengingat makam atau masjid yang dilakukan oleh orang kaya untuk kepentingan masyarakat. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena bertahun-tahun literasi wakaf masih minim ditambah kurangnya dukungan berbagai pihak akan manfaat wakaf bagi kesejahteraan manusia. 



Wakaf selama ini identik dilakukan dengan jumlah besar, dilakukan jika sudah kaya dan tidak terlalu penting seperti zakat atau sedekah. Padahal potensi wakaf sangat besar jika bisa dikelola dengan serius bisa membantu pemerintah mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.



Potensi wakaf masih sangat besar karena yang baru terealisasi 400 milyar sedangkan peluang bisa mencapai 180 triliun per tahun. Kondisi inilah yang membuat Dompet Dhuafa membuat gerakan Wake Up Wakaf ! agar semua masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam wakaf produktif.

Wake Up Wakaf


Wakaf produktif atau wakaf uang bisa dimulai dari nominal yang kecil yaitu Rp 10.000 yang akan digunakan untuk membangun sekolah, pesantren, rumah sehat, universitas, perkebunan dan pengembangan usaha bagi usaha kecil menengah. 

Terobosan ini bisa mengubah presepsi banyak orang bahwa wakaf bisa dilakukan dengan mudah, praktis dan serentak sehingga bisa terkumpul jumlah yang besar. Untuk memberikan donasi bisa melalui halaman https://donasi.tabungwakaf.com yang bisa diakses dari ponsel pintar dimanapun dan kapanpun.



Dalam mengelola wakaf produktif, Dompet Dhuafa sudah membuktikan dengan membangun Rumah Sehat Terpadu dan sekolah Smart Ekselensia di Zona Madina Parung. Dua tempat ini memberikan manfaat yang dirasakan kaum menengah ke bawah untuk berobat dan mendapatkan pendidikan islami yang berkualitas.






Smart Ekselensia merupakan sekolah menengah akselerasi berasrama untuk anak-anak kurang mampu agar bisa mendapatkan pendidikan islami yang berkualitas. Lama pendidikan di Smart Ekselensia adalah lima tahun dimana tiga tahun SMP dan dua tahun SMA dimana siswanya berasal dari seluruh Indonesia bahkan Papua.

Tahun 2019 empat puluh siswa berhasil diwisuda dan 90 % diterima di PTN Favorit Indonesia. Walaupun sekolah ini gratis bagi kalangan tidak mampu bukan berarti fasilitasnya biasa saja, justru fasilitasnya lengkap seperti sekolah swasta ternama di Jakarta.





Saat saya melakukan kunjungan ke Zona Madina tanggal 2 Oktober 2019 melihat fasilitas yang tersedia lengkap, modern, bersih seperti perpustakaan, ruang audio visual, asrama, masjid, lapangan futsal dan tempat makan. Salutnya lagi toilet di sekolah sangat bersih dan wangi seperti di mall berbeda jauh dengan sekolah swasta yang pernah saya datangi.





baca juga berbagi hewan kurban

Lingkungan sekolah juga sehat karena banyak pohon yang rindang, makanan yang terjaga kualitas gizinya, dan aktivitas yang padat mulai belajar, ibadah dan berolah raga. Siswa yang belajar tidak merasa jenuh walaupun jarang memegang gawai karena banyak kegiatan positif yang dilakukan.



Selanjutnya saya melihat ke Rumah Sehat Terpadu yang didirikan sejak 4 Juli 2012. Meskipun Rumah Sehat merupakan layanan kesehatan kelas C namun standar pelayanan sama seperti kelas A atau Rumah Sakit ternama di ibukota.

Saat ini terdapat enam belas poli spesialis yang melayani hingga tujuh ratus pasien rawat jalan setiap harinya. Rumah Sehat juga melayani pasien dengan BPJS dan kartu anggota khusus bagi pasien menengah ke bawah.




Agar dapat melayani lebih banyak masyarakat, Dompet Dhuafa telah menerima wakaf dari Qatar Charity untuk membangun Rumah Sehat Terpadu setinggi dua lantai. Bangunan ini nantinya akan digunakan untuk melengkapi poli yang belum ada seperti poli jantung, urologi dan kesehatan jiwa.

Nah dari dua tempat yang merupakan hasil wakaf saja manfaatnya sudah banyak dirasakan masyarakat kurang mampu dan kulitasnya pun diakui oleh pemerintah. Bagaimana jika lebih banyak orang lagi yang berkontribusi wakaf rutin setiap bulannya maka semakin banyak lagi masyarakat akan terbantu oleh wakaf produktif.

Buat kamu yang ingin berkontribusi berbuat kebaikan, inilah saatnya ikut memberikan wakaf uang dimulai dengan jumlah yang kecil, disertai niat ikhlas dan mengajak lingkungan sekitar untuk ikut berwakaf melalui Dompet Dhuafa. Yuk dukung Wake Up Wakaf! sekarang juga dengan mengalihkan sebagian kecil uang buat nongkrong di kedai kopi setiap bulan untuk saudara kita yang membutuhkan.














Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kulit Sehat Dan Lembut Dengan Sabun Klorofil K-Link