Bebas Finansial Tahun 2021 Dengan Mission Syariah


Menjelang pergantian tahun saya biasanya membuat resolusi yang berisi cita-cita, harapan di tahun depan serta renungan apa saja yang terjadi di tahun ini. Setiap tahunnya tentu ada suka dan duka yang dialami apalagi pandemi yang mengubah banyak aspek kehidupan termasuk hal keuangan. Tahun 2020 hampir semua orang merasakan dampak yang kurang baik dalam keuangan termasuk saya namun ada peluang baru yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan. 


resolusi tahun 2021



Salah satu resolusi yang saya buat setiap tahun ialah bisa memiliki kondisi finansial yang lebih baik. Kondisi yang saya inginkan adalah bisa memiliki usaha sendiri dengan pemasukan yang stabil, punya investasi untuk pribadi atau orang tua, punya asuransi untuk melindungi diri dari hal-hal tidak terduga dan bisa membantu orang sekitar dengan lapangan pekerjaan. 



asuransi kesehatan



Asuransi bagi saya penting karena bisa membantu saat terjadi musibah seperti kecelakaan, kebakaran, terkena penyakit parah, bencana alam dan hal-hal lainnya di luar dugaan. Apalagi saat pandemi seperti ini dimana biaya kesehatan menjadi mahal tentu akan terbantu jika memiliki asuransi kesehatan yang meliputi biaya berobat jalan, rawat inap atau operasi. 


Untungnya sekarang asuransi sudah banyak jenisnya, premi yang terjangkau, klaim cepat dan bisa dibeli tanpa harus keluar rumah. Mendapatkan informasi tentang asuransi juga semakin mudah karena sudah banyak website yang memberikan ulasan lengkap memilih perlindungan sesuai kebutuhan. 



data pertumbuhan asuransi syariah



Salah satu jenis asuransi yang bisa dipilih asuransi syariah dari Manulife Indonesia. Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang sudah cukup lama mengikuti kebutuhan masyarakat yang sebagian besar beragama Islam. Jumlah penduduk Islam Indonesia yang besar bahkan di dunia menjadi pasar yang potensial. Sayangnya menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Juli 2020, tingkat penetrasi asuransi syariah kurang dari 1 %. 


prinsip asuransi syariah



Jumlah ini tentu sangat minim, padahal asuransi syariah memiliki prinsip yang bagus seperti tolong menolong, transparan, berbagi resiko dan berbagi keuntungan. Salah satu penyebabnya ialah masih kurangnya pengetahuan akan asuransi syariah termasuk saya. 

Maka tanggal 18 Desember 2020, kemarin saya mengikuti virtual gathering bersama Manulife Indonesia dengan tema “Raih Keberkahan Dengan MiSmart Insurance Solution (MISSION) Syariah. Pembicara pertama bapak Karjadi Pranoto Director & Chief EB & Unit Syariah Distribution Manulife mengatakan bahwa Manulife telah menyumbangkan sejumlah 40 milyar berupa APD untuk tenaga medis di 200 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. 

Sejak tahun 2009 asuransi syariah Manulife Indonesia terus mengembangkan produk sesuai kebutuhan masyarakat dengan pengawasan OJK dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) sehingga hak nasabah akan lebih terjamin. Sehingga tidak perlu ragu atau takut menjadikan asuransi syariah Manulife sebagai solusi keuangan di masa depan karena memberikan tiga manfaat yaitu investasi, proteksi dan kesehatan. 


MISSION SYARIAH



Produk asuransi syariah Manulife selanjutnya dijelaskan bapak Jeffrey Kie sebagai Chief Agency Officer Manulife yaitu Mi Smart Insurance Solution Syariah atau disingkat MISSION Syariah dengan berbagai keunggulan antara lain kontribusi terjangkau premi mulai dari Rp 300rban per bulan, mendapat manfaat loyalitas total 750 % yang dibayarkan akhir tahun polis ke 10 dan akhir tahun polis ke 25, prinsip tolong menolong dan jika ada biaya lebih dari peserta yang masuk ke dalam manfaat dana Tabarru' akan dibagikan ke pemegang polis. 



alokasi investasi mission syariah



Pada MISSION Syariah investasi yang dilakukan tentu lebih selektif dengan rincian sebagai berikut tahun pertama 50%, tahun kedua sampai sepuluh 100%, tahun ke sebelas sampai dua puluh enam jumlah investasi ditambahkan 2% dari Manulife menjadi 102%. 


asuransi kesehatan sebagai tambahan



Manfaat penting yang kini dibutuhkan nasabah yaitu asuransi kesehatan terdapat dalam MISSION Syariah sebagai asuransi tambahan dengan tiga jenis yaitu MiSMART Health Care, MiSMART Critical Care, MiSMART Waiver Syariah. MiSMART Health Care memberikan manfaat penggantian biaya rumah sakit karena penyakit atau kecelakaan. Biaya perawatan kanker berupa kemoterapi dan cuci darah karena gagal ginjal juga ditanggung. Nasabah bisa mendapatkan manfaat tambahan lainnya hingga 15 milyar akan diberikan selama satu tahun jika peserta didiagnosis salah satu penyakit khusus yaitu kanker, gagal ginjal, jantung, dan transplantasi organ. 

MiSMART Critical Care memberikan manfaat utama perlindungan hingga 300% uang pertanggungan jika tertanggung didiagnosa menderita salah satu dari 56 penyakit kritis tanpa mengurangi besarnya uang pertanggungan untuk manfaat meninggal dari pertanggungan dasar. Asuransi ini juga memberikan manfaat berupa biaya rumah sakit, rawat jalan dan santunan 


MiSMART Waiver Syariah memberikan manfaat pembebasan premi atas nasabah yang disebabkan 49 penyakit kritis sehingga tidak mampu untuk mencari nafkah tanpa mengurangi uang pertanggungan untuk manfaat meninggal dari pertanggungan dasar. 



data penduduk tanpa pensiun



Dari virtual gathering ini, walaupun durasi hanya satu setengah jam saya mendapat banyak informasi baru bahwa asuransi syariah menjadi solusi proteksi bagi generasi milenial agar saat pensiun sudah memiliki tabungan yang cukup dari investasi saat masih produktif. Masih banyaknya pekerja tanpa pensiun sebesar 94,66% membuat generasi muda menanggung biaya hidup generasi sebelumnya atau sandwich generation. 


kebebasan finansial



Tantangan ini bisa diubah dari sekarang dengan memiliki asuransi dan investasi syariah supaya impian bebas finansial di tahun depan bisa terwujud. Bagi saya MISSION Syariah merupakan jawaban dari resolusi saya agar bisa bisa sejahtera di masa tua tanpa harus merepotkan anak atau cucu. 


solusi 3 in 1 manulife



Saatnya wujudkan resolusi tahun 2021 bebas finansial dengan memilih MISSION Syariah sebagai solusi 3 in 1 yang mengedepankan prinsip syariah sekaligus menyediakan perlindungan jiwa dan investasi serta perlindungan kesehatan sebagai asuransi tambahan. Info lebih lengkap mengenai MISSION Syariah bisa ikuti akun instagram atau twitter @manulife_id


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan