Jaga Dan Rawat Area Kewanitaan Dengan BETADINE Feminine Wash

Tingginya penderita kanker serviks di Indonesia yang menyebabkan kematian membuat prihatin banyak pihak. Penyebab kanker serviks ada beberapa hal misalnya gaya hidup tidak sehat, sering berganti pasangan dan kurangnya kesadaran menjaga kebersihan area kewanitaan. Banyak orang yang meremehkan daerah kewanitaan karena kurangnya edukasi dan informasi yang tepat. 



Masih banyak perilaku kurang baik misalnya tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah ke toilet serta menggunakan sabun mandi untuk membersihkan area kewanitaan. Data lainnya diungkap oleh drg Wara Pertiwi O, MA Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Dit Kesga Kementerian Kesehatan RI ialah masih tingginya angka kematian ibu melahirkan, kekurangan zat besi atau anemia dan kebersihan organ reproduksi yang rendah. 





Maka untuk mengurangi resiko penyakit pada perempuan dewasa, Kementerian Kesehatan dengan beberapa pihak melakukan edukasi ke sekolah yaitu SMP dan SMA tentang manajemen kebersihan menstruasi. Bahkan murid-murid juga mendapat Buku Saku "Sehat dan Bersih"  yang memberikan edukasi bagaimana mengganti pembalut yang benar, gejala PMS dan mitos atau fakta seputar menstruasi. 



dr Merry Sulastri Educator & Trainer Mundipharma juga menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan area kewanitaan karena jika pH area kewanitaan terganggu maka resiko infeksi cenderung meningkat. Faktor yang mengganggu keseimbangan pH antara lain menstruasi, sabun, gangguan hormonal, penggunaan antibiotik dan lainnya. 

Saat menstruasi konsentrasi bakteri non lactobasilus cenderung lebih tinggi karena peningkatan pH vagina akibat adanya darah menstruasi. Ada beberapa infeksi yang bisa terjadi daerah kewanitaan misalnya Vaginitis, Bacterial Vaginosis, Vulvovaginal Candidiasis, dan Trichomoniasis. 



Berikut tips menjaga kebersihan area kewanitaan yaitu mencebok satu arah dari depan ke belakang, keringkan dengan handuk atau tisu lembut sekali pakai, cuci tangan sebelum dan sesudah dari toilet, ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali, gunakan celana dalam yang menyerap keringat, jangan menukar atau meminjam handuk dan celana dalam dengan orang lain serta gunakan sabun khusus pembersih kewanitaan jika terjadi infeksi. 






Selain menjaga kebersihan kita juga harus mengenali mitos dan fakta seputar menstruasi contoh saat menstruasi tidak boleh makan daging karena menyebabkan darah menjadi amis. Faktanya justru saat menstruasi kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau protein untuk menggantikan darah yang hilang. 




Mitos lainnya minum soda dapat mempercepat menstruasi faktanya minum soda tidak mempengaruhi menstruasi namun mengandung kadar gula tinggi yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. 



Menjelang hari Kebersihan Menstruasi Internasional tanggal 28 Mei dengan tema It's Time For Action, Mundipharma memiliki kampanye bagi kaum perempuan saling berbagi informasi pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Bapak Adi Prabowo Head of Brand Strategy & Category Development Mundipharma Indonesia meluncurkan kampanye #KarenaKitaPerempuan dan #SalingMenjaga pada tanggal 30 April 2019 di Beka Resto. 

Penyebaran informasi dilakukan melalui media sosial yang banyak diakses remaja dan orang dewasa serta buku saku Sehat dan Bersih Saat Menstruasi yang diberikan sebanyak 100.000 siswa sejak tahun 2017 bersama Kementerian Kesehatan. Saat ini banyak remaja mendapatkan informasi dari internet atau dari teman yang belum tentu benar maka sudah seharusnya orang tua bisa memberi informasi yang tepat bagi anak perempuannya. 




Mundipharma melalui produknya BETADINE menyediakan produk pembersih khusus area kewanitaan yang aman dan jenisnya lengkap sesuai kebutuhan. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik yang mendukung bakteri baik, pembersih kewanitaan dengan daun sirih dan pembersih khusus menstruasi.






Supaya pH area kewanitaan tetap seimbang dan terhindar dari infeksi yang berbahaya kini bisa menggunakan BETADINE Feminine Wash yang aman dan lembut di kulit. Saatnya kaum perempuan mengetahui, menjaga dan merawat kebersihan area kewanitaan dengan sabun pembersih yang tepat serta aman. Info lengkap mengenai BETADINE bisa ikuti akun instagram @betadineindonesia. 












Comments

Popular posts from this blog

Kulit Sehat Dan Lembut Dengan Sabun Klorofil K-Link