Lengkapi Berkahnya Ramadan Dengan Membayar Zakat Secara Tepat

    Tak terasa sembilan hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan setelah menjalankan puasa sebulan penuh yaitu Idul Fitri. Persiapan menyambut lebaran pun ramai dilakukan seperti membeli baju baru, membeli atau membuat kue, menyiapkan parcel dan mudik ke kampung halaman.



      Bagi karyawan Tunjangan Hari Raya pun sudah dibagikan dan mulai dialokasikan untuk berbagai kebutuhan. Kebanyakan orang berfokus menghabiskan untuk kebutuhan konsumtif seperti membeli baju, membeli gawai baru dan berlibur.


      sumber : twitter dompet dhuafa



      Padahal ada satu kewajiban yang harus diprioritaskan yaitu membayar zakat. Di bulan puasa yang penuh berkah seharusnya zakat, infak atau sedekah ditingkatkan karena amalannya akan dilipat gandakan dan menambah rezeki tak terduga. 

      Membayar zakat bagi saya kini sudah banyak kemudahan jika repot belum sempat datang ke masjid bisa dengan mudah transfer sebelum lebaran. Informasi tentang jenis-jenis zakat dan bagaimana membayar juga mudah dibaca secara online melalui zakat.or.id.

      Melalui portal ini kita bisa membaca dengan lengkap bagaimana cara membayar zakat, panduan lengkap zakat, layanan penjemputan zakat di daerah Jabodetabek, konsultasi zakat dan kalkulator zakat. Kemudahan informasi ini seharusnya dimanfaatkan untuk membagikan sebagian harta yang kita peroleh untuk saudara yang membutuhkan. 


      sumber : twitter dompet dhuafa


      Dari pengalaman saya selama tiga tahun terakhir dengan membayar zakat justru banyak kemudahan yang saya rasakan. Mulai dari ditraktir saudara, diajak jalan-jalan bahkan mendapat tambahan uang yang tidak saya harapkan. Dengan niat yang ikhlas uang yang kita keluarkan tidak akan berkurang justru akan ditambah lebih banyak dari Allah SWT. 

      Zakat yang kita bayarkan dengan lembaga yang tepat maka akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Tidak hanya berupa bahan makanan pokok tapi juga sekolah, peternakan, rumah sakit, pertanian dan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu. 

      Jenis zakat terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal (harta) yang wajib ditunaikan bagi yang sudah baligh, memiliki harta sendiri dan sudah mencapai nisab. Contoh zakat mal berupa rumah, uang, emas, mobil dan hasil pertanian 

      Syarat harta yang wajib dizakati antara lain mempunyai potensi berkembang, mencapai nisab, melebihi kebutuhan pokok dan terbebas dari hutang. Sedangkan harta yang wajib untuk dibayar zakatnya seperti harta perusahaan, harta perniagaan, emas dan perak, properti produktif.


      sumber : twitter dompet dhuafa


      Selain zakat mal dan zakat fitrah juga terdapat zakat profesi yang kini mulai diterapkan di beberapa perusahaan dengan memotong 2.5 % per bulan atau diakumulasi dalam setahun beserta bonus dan pendapatan lainnya. 

      Bagi pemilik saham dalam perusahaan, pendapatan setelah menerima dividen juga wajib membayar zakat sebesar 2.5 % begitu juga bagi pemenang kuis atau undian berhadiah wajib dikenai zakat 20% setelah dikurangi biaya administrasi dan pajak. 

      Terakhir ialah zakat fitrah yang biasanya dibayar dengan 2.5 kg beras atau uang yang setara dengan harga beras pada saat itu. Membayar zakat bagi saya merupakan ibadah yang mudah dilakukan karena cukup mendatangi masjid terdekat kemudian melapor kepada petugas yang bertugas menerima zakat. 

      Jumlah biaya juga relatif terjangkau kurang dari lima puluh ribu dibanding rejeki yang sudah diberi oleh Allah setiap harinya. Biaya tersebut juga lebih murah dari secangkir kopi ternama di kafe atau mall. Biasanya saya membayar zakat di Semarang setelah sampai di tempat tujuan mudik dua atau tiga hari sebelum solat Ied. 

      Manfaat yang saya rasakan setelah membayar zakat ialah ibadah menjadi lebih khusuk, menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama atau yang kurang beruntung, lebih bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk membayar zakat dan diberi keselamatan saat menjalankan aktivitas. 

      Buat teman-teman mumpung masih dalam bulan Ramadan yuk segera tunaikan zakat supaya hidup lebih berkah dan rezeki pun makin lancar. Bayar zakat pun kini lebih praktis dengan layanan Dompet Dhuafa yang lengkap dan amanah. Info lengkap klik https://donasi.dompetdhuafa.org/zakat.














      Comments

      Popular posts from this blog

      Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

      ulasan film sokola rimba

      PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan